Gak Punya e-KTP Brebes, 99 Napi Gagal Dapat Vaksinasi COVID-19

Waduh, vaksinasi COVID-19 di Lapas Brebes tersendat

Brebes, IDN Times - Lapas Kelas IIB Kabupaten Brebes menyatakan sebanyak 267 narapidana menjalani penyuntikan vaksinasi COVID-19 secara bertahap. 

1. Ada puluhan napi Lapas Brebes yang gagal disuntik vaksin COVID-19

Gak Punya e-KTP Brebes, 99 Napi Gagal Dapat Vaksinasi COVID-19Kalapas Brebes memantau jalannya vaksinasi COVID-19 bagi para narapidana. (Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan di hari ini, Kamis (22/7/2021), terdapat 186 orang di antaranya yang mulai divaksi tahap pertama. 

Sedangkan sisanya ada 99 narapidana lainnya tidak bisa disuntik vaksinasi COVID-19 lantaran tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP Brebes.

"Total warga binaan yang ada di Lapas Brebes sebenarnya sebanyak 267 orang. Namun dari jumlah itu yang divaksin sesuai aturan dari pusat terkait kepemilikan NIK Brebes hanya 186 orang. Sisanya 99 lainnya tidak bisa divaksin," katanya dalam keterangan kepada IDN Times.

Baca Juga: Pantau Gejala COVID-19, Kemenkumham Jateng Minta Kejujuran Pegawainya

2. Lapas Brebes minta Dinkes upayakan semua napi bisa ikut divaksin

Gak Punya e-KTP Brebes, 99 Napi Gagal Dapat Vaksinasi COVID-19Ilustrasi narapidana (IDN Times/Sukma Shakti)

Pihaknya mengaku saat ini sedang berkoordinasi dengan Dinkes Brebes untuk mencari solusi terkait hambatan vaksinasi yang muncul di Lapas Brebes.

Menurutnya seharusnya pemerintah daerah harus tetap mengupayakan pemberian vaksinasi kepada semua narapidana karena langkah ini guna menindaklanjuti instruksi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) dalam mengantisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan lapas sekaligus meningkatkan angka herd immunity.

"Terkait kendala yang dihadapi di Lapas Brebes, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan. Setidaknya juga bisa diusahakan agar warga binaan yang tidak memiliki NIK Brebes tetap divaksin," paparnya. 

3. Kemenkes diminta permudah vaksinasi bagi para narapidana

Gak Punya e-KTP Brebes, 99 Napi Gagal Dapat Vaksinasi COVID-19Kemenkes Lakukan Uji Klinis Terapi Sel Punca Mesenkimal Sebagai Terapi Pasien COVID-19 (Dok. Kemenkes)

Dalam vaksinasi COVID-19 di lapasnya, ia juga melibatkan para personel Kodim 0713 Brebes untuk turut serta mendukung program tersebut. Proses vaksinasinya digelar di aula Lapas Brebes.

"Kegiatan ini berkat kerjasama dengan Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Brebes sebagai bentuk dukungan agar Indonesia bebas dari COVID-19," ujarnya. 

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Rudi Pangarsani Utami berjanji akan mengatasi kendala yang dialami pihak Lapas Brebes.

"Kita dalam waktu dekat akan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan untuk mempermudah vaksinasi bagi seeua narapidana," pungkasnya.

Baca Juga: Unggah Kabar Demo Tolak PPKM, Pria di Brebes Diancam Penjara 12 Tahun 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya