Pilgub Jateng, Bambang Pacul Sebut PDIP Mungkin Usung Andika Perkasa

Pacul ngaku sudah ada komunikasi yang mengerucut

Semarang, IDN Times - Proses komunikasi antara elite PDIP dengan pimpinan partai lainnya semakin intens untuk memantapkan pencalonan mantan Panglima TNI Andika Perkasa pada kontestasi Pilgub Jateng. Ketua PDIP Jateng, Bambang Wuryanto menegaskan partainya kemungkinan akan mengusung Andika Perkasa karena diskusi-diskusi sudah terbangun di tingkat DPP. 

"Untuk Pilgub Jawa Tengah, sudah ada komunikasi dan diskusi di tingkat DPP. PDIP kemungkinan akan mengusung Pak Andika Perkasa," ujar Bambang Pacul, Selasa (6/8/2024). 

Baca Juga: Gaspol! PDIP Siap Menangkan Andika Perkasa di Pilgub Jateng

1. PDIP masih lihat banyak aspek

Pilgub Jateng, Bambang Pacul Sebut PDIP Mungkin Usung Andika PerkasaKetua DPD PDIP Jateng, Bambang Pacul Wuryanto. (IDN Times/Tunggul)

Ia menuturkan proses pencalonan Andika Perkasa memang belum tuntas. Sebab partainya dalam menyeleksi calon wakil gubernur akan melibatkan pertimbangan dari berbagai pihak di internal partai. 

"Kami lihat banyak aspek sebelum menentukan siapa yang akan mendampingi Pak Andika. Yang pasti, kami ingin pasangan calon yang terbaik untuk Jawa Tengah," terangnya. 

2. Pencalonan Andika Perkasa ditentukan Mega

Pilgub Jateng, Bambang Pacul Sebut PDIP Mungkin Usung Andika PerkasaKetua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri, menyerahkan bendera pusaka merah putih kepada Gubernur dan Pj Gubernur se-Indonesia, menjelang peringatan HUT ke-79 RI (dok. PDIP)

Soal siapa figur yang pas untuk menjadi wakil Andika Perkasa di Pilgub Jateng, ia mengutarakan bahwa prosesnya masih terus dimatangkan. 

Menurutnya penetapan Andika Perkasa dan wakilnya di Pilgub Jateng akan ditentukan Ketum Megawati Soekarnoputri.

"Memang ada usulan nama itu Pak Andika Perkasa, untuk wakilnya belum. Yang jelas, penetapannya tentu hak dan kebijakan ketua umum," tuturnya.

3. Bambang Pacul akui persaingan Pilgub Jateng ketat

Pilgub Jateng, Bambang Pacul Sebut PDIP Mungkin Usung Andika PerkasaPetugas Pantarlih saat menempelkan stiker usai melakukan coklit (KPU Lotim)

Selain Andika Perkasa, sejumlah tokoh lainnya juga disebut-sebut masuk dalam radar partai untuk diusung sebagai calon gubernur. Namun, Pacul menekankan bahwa semua masih dalam tahap pertimbangan dan belum ada keputusan final.

"PDIP memiliki banyak kader potensial. Kami sedang mempersiapkan yang terbaik untuk Pilgub Jateng. Siapapun yang akan kami usung nanti, kami yakin bisa membawa Jawa Tengah lebih baik," ujarnya.

Bambang Pacul mengakui bahwa persaingan akan ketat, namun ia optimistis dengan peluang PDIP. 

"Persaingan tentu akan ketat, tapi kami percaya diri dengan peluang kami. Kami yakin dengan pilihan yang akan kami buat, kami bisa meraih kemenangan," urainya.

4. PKB ditawari wakilnya Andika Perkasa

Pilgub Jateng, Bambang Pacul Sebut PDIP Mungkin Usung Andika PerkasaSekretaris PKB Jateng Sukirman dan tim kuasa hukum tiba di Polda Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sekretaris PKB Jateng, Sukirman berkata partainya saat ini masih tetap mengusung Yusuf Qudlori sebagai calon gubernur Jateng. Akan tetapi partainya juga membuka opsi untuk mengarah ke posisi wakil gubernur. 

"Soal gubernur sedang berproses. Gus Yusuf tetap kita dorong jadi calon gubernur. Komunikasi dengan parpol semakin mengerucut, salah satunya dengan PDI," akunya. 

PKB, katanya juga ditawari posisi wakil gubernur untuk Pilgub Jateng. Kendati begitu, semuanya masih dalam proses pematangan komunikasi. 

"Mengarah ke sana. Lagi proses juga semuanya (wakil). Yang ke PKB tampaknya Andika Perkasa. Pokoknya kita komunikasi dengan semua partai," tegasnya. 

Ia mengklaim PKB merupakan partai nomor empat besar nasional dengan pencapaian yang moncer. Pada Pileg kemarin PKB meraup 10 kursi. Lalu perolehan kursi di DPRD Provinsi dan kabupaten/kota juga bertambah. 

"PKB ini mentereng hari ini. Rangking empat nasional. DPR RI juga 10 (kursinya). Di DPRD kabupaten/kota juga naik. Se-Indonesia juga naik. Banyak kader kader kita di PBNU jadi ketua Muslimat, ketua Fatayat," pungkasnya. 

Baca Juga: Pencalonan Andika Perkasa di Pilkada Jateng Ditentukan 20 Agustus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya