Comscore Tracker

Pemkot Solo Siapkan Akte Kematian Untuk Ibunda Jokowi yang Tutup Usia

Punya riwayat sakit di hidung

Solo, IDN Times - Usai dikabarkan meninggal dunia pada Rabu sore (25/3) pukul 16.45 di RS DKT Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah kerena sakit penyakit kanker selama empat tahun. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera menyiapkan akte kematian untuk almarhum Sujiatmi Notomiharjo.

Baca Juga: Ibunda Jokowi Sujiatmi Notomiharjo Sakit Kanker Selama 4 Tahun

1. Akte kematian diantar langsung ke rumah

Pemkot Solo Siapkan Akte Kematian Untuk Ibunda Jokowi yang Tutup UsiaWali Kota Solo berikan akta kematian kepada warga. Instagram @fxhadirudyatmo

Saat ditemui di RS DKT Solo, Wakil Wali Kota Solo, Achmad Poernomo mengatakan telah menyiapkan akta kematian yang nantinya akan diantarkan ke rumah duka besok, Kamis (26/3). Pengiriman akta kematian ke rumah secara langsung sendiri merupakan salah satu program dari pemerintah kota Solo yang diberi nama 'Besok Kiamat' kepanjangan dari bela sungkawa kirim akta kematian.

Program tersebut berupa penerbitan akta kematian kilat atau hanya dalam waktu 1×24 jam setelah seorang warga meninggal dunia.

"Kami sama-sama Pak Wali (FX Hadi Rudyatmo.red) mau menyiapkan akta kematian untuk besok," ujarnya.

2. Kehilangan sosok yang ringan tangan

Pemkot Solo Siapkan Akte Kematian Untuk Ibunda Jokowi yang Tutup UsiaIbunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo. IDN Times / Larasati Rey

Menurut pria yang akrab disapa Pak Pur tersebut Ia mengaku kehilangan atas sosok almarhumah, yang dikenal dengan ringan tangan, suka bersosial, dan tidak mau merepotkan orang.

"Pemerintah Kota Surakarta, khususnya Pak Rudy dan saya merasa kehilangan betul akan tokoh Bu Noto ya. Beliau seorang yang luar biasa, ringan tangan, kemana-mana hadir kalau diundang khususnya di pengajian-pengajian dan pertemuan rakyat. Saya tidak menduga secepat ini beliau," ungkapnya.

3. Punya riwayat sakit di hidung

Pemkot Solo Siapkan Akte Kematian Untuk Ibunda Jokowi yang Tutup UsiaPresiden Jokowi umumkan kabar kematian sang Ibu. IDN Times / Larasati Rey

Ia juga tidak tahu pasti penyebab Ibunda Jokowi tersebut wafat, menurutnya almarhumah punya sakit di hidung namun tidak tahu jenis penyakit yang diderita ibu empat anak tersebut.

Almarhum Sujiatmi Notomiharjo sendiri rencananya akan dimakamkan pada Kamis siang (26/3) pukul 13.00 WIB di pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Almarhum meninggalkan empat orang anak yakni Joko Widodo, Lit Sriyantini, Titik Relawati, dan Ida Yati, dan 9 cucu serta 3 cicit. Sujiatmi lahir pada di Surakarta, 15 Februari 1943. Ia bersama suaminya, almarhum Widjiatno Notomihardjo, adalah pedagang kayu dari Solo.

Baca Juga: Ibunda Jokowi Wafat, Ganjar: Ibu Sujiatmi Sosok yang Merakyat 

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya