Rute Singapura dan Kuala Lumpur Dibidik Ramaikan Penerbangan ke Solo

Mengembalikan kembali rute penerbangan langsung ke Solo.

Surakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno memgatakan akan ada dua penerbangan internasional yang dibuka secara komersil ke Kota Solo. Hal ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Solo, terlebih Solo sering mengelar event bertaraf internasional.

Baca Juga: Kebo Bule Apon Mati Kena PMK, Putri Keraton Solo: Ada Pertanda Alam

1. Ada dua maskapai yang berminat.

Rute Singapura dan Kuala Lumpur Dibidik Ramaikan Penerbangan ke SoloInagurasi pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sandiaga mengatakan jika ada dua maskapai yang saat ini akan menjajaki rute penerbangan internasional ke Kota Solo. Dua maskapai asal luar negeri tersebut, berminat karena adanya event ASEAN Paragames 2022 yang akan digelar mulai tanggal 30 Juli-6 Agustus 2022.

"Pak Wali (Gibran Rakabuming Raka) sudah ada beberapa yang minat saya dapat dua dari Airasia dan Scoot yang lagi menjajaki nah ASEAN Paragemes ini," kata Sandiaga saay berkunjung ke Solo, Minggu (24/07/2022).

2. Buka rute di dua penerbangan negara.

Rute Singapura dan Kuala Lumpur Dibidik Ramaikan Penerbangan ke SoloKeberangkatan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. IDN Times/Larasati Rey

Sementara itu, ditanya soal rute penerbangan tersebut Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan jika pembukaan rute penerbangan tersebut bantuan dari Menparekraf. Menurutnya ada dua negara yakni Singapore dan Kuala Lumpur Malaysia yang nantinya akan membuka rute penerbangan ke Kota Solo.

"Rute yang disepakati kemarin ada Singapura dan Kuala Lumpur itu aja dulu," ungkap Gibran.

Kedua rute tujuan tersebut, menurut Gibran sebelumnya pernah ada di Kota Solo namun sudab beberapa tahun menhilang, dengn dibukanya rute penerbangan tersebut, pihalnya berharap dapat mendongkrak pariwisata.

3. Selama event Asean Paragames banyak negara yang lakukan direct flight ke Solo.

Rute Singapura dan Kuala Lumpur Dibidik Ramaikan Penerbangan ke SoloGibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum dibuka, sejumlah kontingen Asean Paragames 2022 akan mulai tiba di Kota Solo pada tanggal 26 Juli mendatang. Gibran mengatakan hampir semua kontingen melakukan penerbangan lansung atau direct flight ke Solo, kecuali 2 negara.

"Tanggal 26 hampir semuanya langsung ke Solo. Yang transit Jakarta cuma Brunei sama Laos aja. Nginap satu hari di Jakarta," katanya.

Sesampainya di Solo, para kontingen akan langsung menuju ke hotel dan melakukan protokol standar imigrasi.

"Ada akreditasi untuk id card, cepet kuk. Gak ada karantina, tapi ada swab. Kita juga sudah menyiapkan tempat karantina khusus jika diperlukan, tapi harapannya aman-aman sajalah," tandasnya.

Baca Juga: Torch Relay, Menteri sampai Artis ikut Lari Bawa Obor APG 2022 di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya