TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

1.000 Konsentrator Disalurkan ke RS di Jateng, Ini Lho Fungsinya

Djarum Foundation mendonasikan melalui Kemenperin

Djarum Foundation menyerahkan 1.000 konsentrator oksigen kepada Kementerian Perindustrian untuk rumah sakit di Jateng dan DIY. (dok. Djarum Foundation)

Semarang, IDN Times - Pandemik dan gelombang COVID-19 hingga sekarang tidak bisa diprediksi kapan selesainya. Untuk mengantisipasi serangan kasus COVID-19 varian baru sebanyak 1.000 unit konsentrator oksigen disiapkan di rumah sakit (RS) di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Baca Juga: ASN Jateng Diizinkan Antar Jemput Anaknya, Awas Penularan COVID-19 Mu!

1. Donasi konsentrator oksigen diserahkan ke Kemenperin

Unsplash/Morning Brew

Ribuan oksigen itu merupakan donasi dari Djarum Foundation yang disalurkan melalui Kementerian Perindustrian RI. Upaya ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar kejadian kelangkaan oksigen seperti beberapa waktu lalu tidak terjadi lagi. 

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan, pihaknya ingin turut terlibat dalam program penanggulangan pandemik COVID-19 yang terus menjadi perhatian serius. 

‘’Kami berharap, donasi konsentrator oksigen ini dapat mengantisipasi bilamana lonjakan pasien COVID-19 terjadi kembali. Tapi tentunya mari sama-sama kita berdoa semoga lonjakan kasus tidak terjadi lagi dan Indonesia segera keluar dari pandemik,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Jumat (10/9/2021).

2. Wujud sektor swasta terlibat dalam penanggulangan COVID-19

Djarum Foundation menyerahkan 1.000 konsentrator oksigen kepada Kementerian Perindustrian untuk rumah sakit di Jateng dan DIY. (dok. Djarum Foundation)

Donasi dari sektor swasta merupakan bentuk kepedulian industri dalam negeri saat menghadapi pandemik COVID-19. Pasalnya tak hanya menyasar lini kesehatan, wabah ini juga menyerang sektor industri yang bermuara pada melambatnya roda perekonomian.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian perindustrian RI, Putu Juli Ardika menuturkan, donasi konsentrator oksigen dari Djarum Foundation ini merupakan langkah positif dan bentuk kerja sama yang baik antara Kemenperin dan sektor industri. 

‘’Kepedulian ini memberikan makna bahwa industri dalam negeri tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian tapi juga berbagi beban di kala negara sedang dalam kondisi sulit. Semoga bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan oksigen bagi para pasien COVID-19,” katanya.

Baca Juga: Kenali COVID-19 Varian Mu yang Bikin Ganjar Beli WGS untuk Jateng

Berita Terkini Lainnya