TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Longsor Banjarnegara Makan Korban, Empat Warga Meninggal Dunia 

Tebing longsor menimpa dua rumah warga

Bencana tanah longsor terjadi di di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Jumat (19/11/2021) pukul 21.30 WIB. (Dok. BNPB)

Banjarnegara, IDN Times - Bencana tanah longsor terjadi di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Jumat (19/11/2021) pukul 21.30 WIB. Tebing setinggi 25 meter longsor menimpa rumah warga dan mengakibatkan empat warga meninggal dunia.

Baca Juga: Cara Seru Belajar Pakai Video Pendek ala Guru SD di Banjarnegara

1. Bencana longsor terjadi setelah hujan lebat

Bencana tanah longsor terjadi di di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Jumat (19/11/2021) pukul 21.30 WIB. (Dok. BNPB)

Tanah longsor terjadi setelah hujan lebat yang disertai angin mengguyur wilayah Banjarnegara pada Jumat Malam. BPBD Kabupaten Banjarnegara melaporkan kondisi hujan menyebabkan tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya. 

Perkembangan terkini pada Sabtu (20/11/2021) pukul 05.30 WIB, semua warga yang meninggal dunia telah berhasil dievakuasi tim gabungan. Sedangkan, warga selamat terdiri atas satu warga mengalami luka-luka dan tiga lainnya mengungsi.

Mereka mengungsi sementara waktu di Kantor Kecamatan Pagentan. Selain korban jiwa, tanah longsor berdampak pada kerusakan dua rumah warga. 

2. BPBD telah mengevakuasi korban hingga pembersihan material longsor

Tanah longsor menutup jalan nasional Banjarnegara-Wonosobo dan merusak dua rumah warga di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Selasa (17/12). Dok BPBD Banjarnegara

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, BPBD setempat bersama TNI, Polri, Basarnas dan organisasi lain telah melakukan penanganan darurat di lokasi bencana, seperti evakuasi dan pertolongan, distribusi logistik maupun pembersihan material longsor. 

"BPBD juga telah mendistribusikan bantuan logistik berupa perlengkapan tidur, mandi dan makanan kepada warga yang mengungsi," ungkapnya dalam keterangan tertulis resmi, Sabtu (20/11/2021). 

Untuk pembersihan material longsor, lanjut dia, BPBD bersama dinas terkait menurunkan alat berat di lokasi kejadian. Tim gabungan dalam penanganan darurat tanah longsor terdiri dari BPBD Kabupaten Banjarnegara, TNI, Polri, Basarnas, pemerintah desa dan kecamatan Pagentan, PMI, Tagana, RAPI, FPRB Bagentan, relawan dan masyarakat. 

Baca Juga: Tragis, Bocah Tiga Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara 

Berita Terkini Lainnya