Tragis, Bocah Tiga Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara 

Tertimbun tebing setinggi empat meter saat tertidur

Purwokerto, IDN Times - Seorang anak laki-laki berusia tiga tahun meninggal dunia dalam bencana longsor yang terjadi di Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, Banyumas, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: Cara Seru Belajar Pakai Video Pendek ala Guru SD di Banjarnegara

1. Tebing setinggi empat meter longsor

Tragis, Bocah Tiga Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara Warga melakukan pencarian korban hilang tertimbun longsor di Desa Klesem, Pacitan, Jawa Timur, Kamis (20/11/2017) (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara menyebutkan bencana longsor terjadi pada Kamis dan mengakibatkan satu orang menjadi korban.

"Bencana longsor terjadi di Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan dalam kejadian tersebut satu orang anak meninggal dunia," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo ketika dihubungi dari Purwokerto, Kamis.

Bencana longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah Desa Mlaya dan sekitarnya yang mengakibatkan tebing setinggi empat meter dan panjang enam meter mengalami longsor.

"Sekitar pukul 15.20 WIB material longsor menimbun rumah warga dan mengakibatkan seorang anak berusia tiga tahun yang tengah terlelap tidur di dalam rumah meninggal dunia. Pada saat itu korban tidur bersama kakak perempuannya, namun kakaknya selamat dan hanya mengalami luka ringan serta telah mendapat perawatan," katanya.

2. Longsor dimana-mana akses menuju ke lokasi bencana sulit

Tragis, Bocah Tiga Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara Dok.IDN Times/Istimewa

Tim BPBD telah melakukan evakuasi korban yang tertimbun material longsor dan mendampingi pemakaman korban.

"Selain itu tim dari BPBD Banjarnegara juga telah melakukan pendataan di lapangan," katanya.

Dia menambahkan akses jalan menuju lokasi sulit dilalui dan banyak terjadi longsoran di sepanjang jalan menuju lokasi.

"Upaya pembersihan material longsoran akan dilanjutkan besok (22/10) pagi dengan melibatkan relawan dan juga warga," katanya.

3. Masyarakat diminta tingkatkan kewaspadaan dan tak panik

Tragis, Bocah Tiga Tahun Tewas Tertimbun Longsor di Banjarnegara Tanah longsor menutup jalan nasional Banjarnegara-Wonosobo dan merusak dua rumah warga di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara, Selasa (17/12). Dok BPBD Banjarnegara

Dia kembali mengingatkan masyarakat di wilayah Banjarnegara untuk tidak panik namun perlu tetap meningkatkan kewaspadaan, terutama jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi yang lama.

"Waspada bila terjadi hujan lebat dengan durasi cukup lama yaitu di atas 30 menit karena dikhawatirkan dapat berpotensi memicu bencana hidrometeorologi seperti longsor, banjir, angin kencang," katanya.

Berdasarkan prakiraan BMKG, peningkatan intensitas curah hujan dengan durasi waktu yang lebih lama di sebagian besar wilayah di Jawa Tengah akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Baca Juga: Ada 17 Titik Rawan Longsor di Jateng, Waspada Bencana di Oktober 2021 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya