TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tertular COVID-19, Wali Kota Salatiga Pilih Isolasi Mandiri di Rumdin

Wali Kota Salatiga terkonfirmasi positif Corona

Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Salatiga, IDN Times - Kasus penularan virus Corona terus bermunculan di Kota Salatiga Jawa Tengah. Bahkan, Wali Kota Salatiga Yuliyanto dipastikan juga tertular COVID-19 dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukannya pada Sabtu (12/6/2021) kemarin.

Baca Juga: Penuh, 17 Pasien COVID-19 Kudus Dirujuk ke Semarang dan Salatiga

1. Awalnya anak Wali Kota Salatiga yang tertular Corona. Lalu merembet ke semua keluarganya

Wali Kota Salatiga menyapa warganya di sela upacara HUT RI Ke-75. Dok humas Pemkot Salatiga

Penularan COVID-19 pertama kali dialami oleh Yuliyanto tatkala seorang anaknya kedapatan terinfeksi COVID-19. Setelah dites swab secara menyeluruh, keluarganya di satu rumah ternyata terpapar COVID-19. 

Yuliyanto menekankan statusnya kini positif COVID-19. "Sekarang saya dinyatakan positif COVID-19. Anak sudah menjalani perawatan kesehatan. Tapi sekarang satu rumah semua terkena dan positif COVID-19. Kondisi kita sekeluarga masih stabil dan mudah-mudahan kesehatannya segera membaik," ujar Yuliyanto, Minggu (13/6/2021).

2. Yuliyanto minta pejabat dan kolega segera periksa kesehatannya

Calon penumpang pesawat mengikuti tes cepat antigen di area Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Fauzan)

Ia meminta agar para pejabat maupun kolega yang pernah kontak erat dengan dirinya agar secepatnya mengecek kesehatannya ke rumah sakit, klinik maupun puskesmas terdekat. 

Menurutnya proses tracing mesti dilakukan dengan cermat dan hati-hati agar dapat memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Mohon doanya agar semua tetap keadaan sehat. Bisa beraktivitas seperti sedia kala. Saya imbau agar dilakukan tracing segera untuk meminimalisir penyebaran virusnya," jelasnya.

Untuk saat ini, ia mengaku sedang menjalani isolasi mandiri di rumah dinas walikota. Proses isolasi mandiri dilakukan selama 10 hari ke depan sembari rutin melakukan pengecekan kesehatan untuk mengetahui kondisi kesehatannya.

Pihaknya berharap supaya seluruh masyarakat memperketat protokol kesehatan dengan rutin memakai masker, menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: 8 Parsel Lebaran Milik ASN Salatiga Disita dan Dilaporkan ke KPK

Berita Terkini Lainnya