TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Umrah Disetop di Bandara Solo, Lion Air Siapkan Pesawat Jemput Jemaah

Penerbangan untuk Sabtu, 29 Februari 2020 ditiadakan

IDN Times/Larasati Rey

Surakarta, IDN Times - Penerbangan umrah di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akhirnya dibatalkan. Hal tersebut dilakukan setelah adanya pemberitahuan resmi dari pihak regulator Kerajaan Arab Saudi-General Authoritary of Civil Aviation (GACA) dan surat edaran Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tentang penghentian sementara rute penerbangan ke Saudi Arabia.

Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran virus corona (Covid-19) di seluruh dunia. Adapun negara-negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu adalah: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Baca Juga: Setiap Hari, 4.200 Jemaah Indonesia Terancam Gagal Umrah ke Arab Saudi

1. Penerbangan umrah tanggal 29 Februari 2020 dibatalkan

britannica.com

Berdasarkan data yang didapat IDN Times dari PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Solo, maskapai Lion Air sebelumnya berencana akan tetap melakukan penerbangan umrah untuk rute Solo-Madinah pada Sabtu (29/2), pukul 08.15 WIB.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi mengatakan informasi pembatalan keberangakatan pada tanggal tersebut didapat secara resmi dari pihak maskapai Lion Air.

"Informasi dari pihak Lion penerbangan jemaah umrah di tanggal 29 Februari 2020 memang sudah dibatalkan pihak biro beberapa waktu yang lalu. Dan untuk penerbangan jemaah umrah selanjutnya tidak operasikan sampai waktu yang belum ditentukan," ujarnya Jumat (28/2).

2. Terima kepulangan jamaah dari Arab Saudi

IDN Times/Larasati Rey

Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akan menerima kepulang jamaah, pada Minggu (1/3) pukul 09.45 WIB. Jemaah tersebut berangkat dari Jeddah, Arab Saudi pada tanggal 22 Februari 2020 lalu.

"Saat ini jamaah yang masih di Arab yang kepulangan besok menggunakan Lion ada sekitar 860 jamaah. Dan jemaah di Arab yang menggunakan MH (Malaysian Airlines) ada sekitar 160 jamaah," jelas Danar.

Baca Juga: Umrah Disetop, Jemaah Juga Dilarang ke Masjid Nabawi, Kemenag: Tenang

Berita Terkini Lainnya