179 Siswa SMK Negeri Jateng Positif COVID-19 Usai Uji Coba Tatap Muka

Status mereka OTG virus corona

Semarang, IDN Times - Sebanyak 179 siswa SMK Negeri Jateng terkonfirmasi positif COVID-19 setelah mereka melakukan uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah. Jumlah yang terkonfirmasi positif terus bertambah dari sebelumnya hanya 27 siswa yang terkena COVID-19.

1. Kasus COVID-19 di SMK Negeri Jateng naik drastis

179 Siswa SMK Negeri Jateng Positif COVID-19 Usai Uji Coba Tatap MukaIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Berdasarkan laporan yang masuk ke DPRD Jateng, per Jumat (4/12/2020) jumlah siswa yang terkonfirmasi positif bertambah 152 orang dari sebelumnya 27 orang. Sehingga, total siswa yang positif COVID-19 menjadi 179 orang. Kemudian, dari jumlah 179 siswa itu ada lima siswa yang sudah sembuh, sehingga sekarang total siswa yang masih positif ada 174 orang. 

‘’Mereka terkena COVID-19 ditengah pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di SMK Negeri Jateng. Sebanyak 223 orang mengikuti uji coba tersebut,’’ ungkap Ketua DPRD Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga: Rekor Salip DKI Jakarta, Ada 2.036 Kasus Baru COVID-19 di Jateng

2. Siswa yang positif COVID-19 dalam kategori OTG

179 Siswa SMK Negeri Jateng Positif COVID-19 Usai Uji Coba Tatap MukaIlustrasi Sekolah di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Mencermati kondisi tersebut, Bambang meminta agar proses pembelajaran uji coba ditunda sampai menunggu tersedianya vaksin agar seluruh siswa dan guru aman dari COVID-19.

“SMK Negeri Jateng jadi klaster penyebaran COVID-19, karena banyak siswanya positif. Saya minta ditangani dengan baik sampai hasilnya negatif,” tuturnya. 

Politisi yang biasa disapa Krebo itu menambahkan, sebagian besar siswa SMK Negeri Jateng yang terpapar COVID-19 merupakan orang yang dikategorikan OTG. Sehingga, tambahnya, apabila penanganannya tidak tepat dikhawatirkan akan menularkan kepada masyarakat lainnya.

‘’Kami minta agar pengelola SMKN Jateng segera memulangkan para siswa apabila hasil swab-nya sudah negatif dan pelaksanaan pembelajaran di SMK milik Pemprov Jateng ini dikembalikan dengan sistem daring. Ini agar tidak menular ke orang lainnya,’’ ungkapnya.

3. Pembelajaran tatap muka di sekolah harus ditunda

179 Siswa SMK Negeri Jateng Positif COVID-19 Usai Uji Coba Tatap MukaIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Sehubungan dengan hal tersebut, Krebo mengharapkan kepada sekolah-sekolah yang ada di Jawa Tengah dan yang akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka untuk menunda terlebih dahulu sampai tersedianya vaksin. Hal tersebut, semata-mata untuk menekan penyebaran virus COVID-19 di Jawa Tengah.

“Saya minta bersabar dulu tidak usah kesusu utamakan keselamatan siswa dan guru. Ini juga untuk menekan agar angka positif di Jateng tidak meroket seperti saat ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, SMK Negeri Jateng dijadikan pilot project uji coba pembelajaran tatap muka oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sistem pembelajaran yang dilakukan dalam uji coba di SMKN Jateng sudah dilakukan dengan protokol kesehatan COVID-19 ketat seperti penggunaan masker, tersedianya tempat cuci tangan yang mencukupi dan physical distancing dengan mengurangi peserta didik di tiap kelas sampai 50 persen termasuk di asramanya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam mengatakan, siswa SMK Negeri Jateng yang positif COVID-19 yang terdata oleh pihaknya baru 6 orang.

"Yang di kami cuma 6 orang. Jumlah itu termasuk dengan keluarganya dan sudah selesai kami tracing," jelasnya kepada IDN Times.

Baca Juga: Update COVID-19 Jateng, Tambah 944 Positif dan 23 Meninggal 

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya