6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran 

Disbudpar imbau pengelola tetap patuhi protokol kesehatan

Semarang, IDN Times - Keputusan pemerintah mengizinkan masyarakat mudik pada Lebaran 2022 akan berdampak pada tingkat kunjungan objek wisata di Kota Semarang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang memprediksi terjadi lonjakan pengunjung di sejumlah destinasi wisata yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah. 

Plt Kepala Disbudpar Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, ada lima tempat wisata yang akan ramai saat libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah. 

‘’Namun, meski boleh mudik dan berwisata Lebaran ini, kami tetap memastikan tempat wisata di Kota Semarang taat terhadap protokol kesehatan. Sebab, saat ini masih dalam situasi pandemik COVID-19. Maka, kami meminta pengelola untuk tetap menerapkan prokes,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (25/4/2022).

Lalu mana saja 6 objek wisata di Kota Semarang yang siap menyambut wisatawan pada libur Lebaran tahun ini? Cek, berikut lokasinya. 

1. Semarang Zoo

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Ilustrasi objek wisata Semarang Zoo. (Instagram/@semarangzoo)

Semarang Zoo atau dikenal sebagai Taman Margasatwa Bonbin Mangkang ini merupakan salah satu destinasi wisata yang selalu ramai saat Lebaran sebelum pandemik. Khusus untuk menyambut para pengunjung saat libur Lebaran, pengelola Semarang Zoo menyiapkan wahana baru yakni Animal Show atau pertunjukan satwa koleksi Semarang Zoo yang bisa dinikmati dengan membayar tiket sebesar Rp 25 ribu.

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Walisongo KM 16 Semarang. Harga tiket masuk: Rp20 ribu (hari biasa), Rp25 ribu (akhir pekan), Rp30 ribu (libur nasional). Jam buka: 08.00–16.00 WIB.

2. Goa Kreo

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Penampakan kera ekor panjang Goa Kreo Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Goa Kreo merupakan tempat wisata menarik hingga menjadi habitat kera yang hidup bebas di sana. Saat ini daya tarik wisata Goa Kreo ditunjang oleh Waduk Jatibarang yang menawarkan keindahan alam, fasilitas spot memancing, speedboat, dan wisata kuliner lokal.

Lokasi Goa Kreo berada di Jalan Raya Kreo, Desa Kandri, Gunungpati, Semarang. Harga tiket masuk Rp4.000 per orang. Jam buka: 05.00–18.00 WIB.

Baca Juga: Waspada, Kasus COVID-19 Semarang Diprediksi Meningkat Pasca Lebaran 

3. Kampung Wisata Taman Lele

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Wahana permainan air di Kampung Wisata Taman Lele Kota Semarang (Instagram/@sitifatimah6665

Kampung Wisata Taman Lele juga salah satu objek wisata jujugan masyarakat saat Lebaran. Berbentuk taman hiburan Taman Lele menawarkan berbagai daya tarik seperti wahana permainan untuk keluarga seperti becak air, kolam keceh, dan lainnya.

Lokasi objek wisata Taman Lele berada di Jalan Walisongo Tambakaji Semarang. Harga tiket masuk: Rp3.750 (hari biasa), Rp4.750 (akhir pekan), Rp6.250 (hari libur nasional). Jam buka: 07.00–17.00 WIB.

4. Kota Lama

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Kawasan Kota Lama Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kawasan Kota Lama kini menjadi destinasi wisata yang lagi hits di Kota Semarang. Kawasan yang menyajikan kemegahan arsitektur Eropa di masa lalu. Kamu tidak hanya bisa menikmati peninggalan sejarah di sana, tapi juga bisa foto-foto di spot Instagramable lho.

Sekarang ini di Kota Lama juga banyak kafe-kafe cantik yang bisa buat nongkrong.

5. Lawang Sewu

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Dua sejoli saat menikmati liburan panjang di Lawang Sewu Semarang (Dok pengelola Lawang Sewu)

Objek wisata Lawang Sewu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Bekas kantor perusahaan kereta api Belanda di Indonesia ini kini telah dibuka untuk umum.

Lokasi tempat wisata ini di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang. Tiket masuk: Rp10 ribu (anak-anak), Rp20 ribu (dewasa) dan Rp30 ribu (wisatawan mancanegara). Jam buka: 08.00–17.00 WIB (hari biasa), 08.00–20.00 WIB (akhir pekan/hari libur nasional).

6. Sam Poo Kong

6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran Objek wisata Sam Poo Kong Semarang. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan jejak perjalanan Laksamana Cheng Ho yang pernah mendarat di Semarang pada masa lampau. Objek wisata ini juga menjadi daya tarik Kota Semarang yang wajib dikunjungi. Saat Lebaran nanti juga ada Festival Syawalan Sam Poo Kong mulai 2–8 Mei 2022.

Lokasi tempat wisata ini berada di Gedung Batu, Bongsari, Semarang Barat. Tiket masuk: Rp10 ribu sampai Rp65 ribu. Jam buka: 08.00–21.00 WIB.

Jadi, rencana kamu mau piknik ke mana nih saat berkunjung ke Kota Semarang? Pastikan kamu tetap jaga protokol kesehatan dan harus sudah vaksinasi ya, guys.

Baca Juga: Daftar 9 Puskesmas di Semarang yang Buka saat Libur Lebaran dan 24 Jam

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya