Cara Daftar Online Vaksinasi buat Ibu Hamil di Semarang, Yuk Bund!

Sudah 639 bumil di Semarang yang terinfeksi virus corona

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Semarang melaporkan sebanyak 639 ibu hamil di Ibu Kota Jawa Tengah pernah terpapar COVID-19. Jumlah itu tercatat pada sepanjang tahun 2021.

1.Sebanyak 3.600 ibu hamil jadi sasaran vaksinasi COVID-19

Cara Daftar Online Vaksinasi buat Ibu Hamil di Semarang, Yuk Bund!Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, dari jumlah 639 kasus COVID-19 dari kalangan ibu hamil itu, kasus tertinggi terjadi pada bulan Juni--Juli 2021. Akibatnya, ibu hamil saat ini menjadi sasaran dan segera divaksin untuk perlindungan.

‘’Pada vaksinasi COVID-19 ibu hamil ini kami menargetkan 3.600 orang akan disuntik vaksin. Adapun, vaksin yang akan digunakan adalah Sinovac,’’ ungkapnya dalam rekaman resmi yang diterim IDN Times, Jumat (20/8/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Ibu Hamil di Semarang Dimulai, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

2. Ibu hamil disuntik vaksin Sinovac

Cara Daftar Online Vaksinasi buat Ibu Hamil di Semarang, Yuk Bund!Ilustrasi vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Alasan Dinas Kesehatan memberikan vaksin Sinovac karena memiliki efek samping yang lebih kecil.

‘’Sehingga, demi keamanan dan kenyamanan ibu hamil kami pilih Sinovac,’’ tuturnya.

Adapun, syarat untuk ibu hamil yang bisa divaksinasi, yakni dengan usia kehamilan mulai 13 pekan atau pada trimester kedua hingga ketiga. Kemudian, berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.01/1/2007 tentang vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan penyesuaian skrining dalam vaksinasi COVID-19, ibu hamil sebelum vaksin akan dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan dengan kartu kendali khusus.

‘’Jika memiliki penyakit penyerta seperti jantung, diabetes, asma, HIV dan lainnya, tetapi dalam kondisi terkontrol dan tidak ada komplikasi akut maka vaksin dapat diberikan. Lalu, saat vaksinasi ibu hamil wajib membawa buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA),’’ kata Hakam. 

3. Ibu hamil yang pengin vaksinasi bisa daftar online

Cara Daftar Online Vaksinasi buat Ibu Hamil di Semarang, Yuk Bund!ilustrasi ibu hamil (IDN Times/Arief Rahmat)

Kemudian, imbuh dia, jarak pemberian vaksin dosis pertama dan kedua disesuaikan dengan jenis vaksin yang digunakan.

Sementara , untuk mendapatkan vaksinasi maka ibu hamil yang berdomisili di Kota Semarang dapat mendaftar melalui laman victori.semarangkota.go.id. Kemudian, pilih pendaftaran kelompok ‘’Ibu Hamil’’, isikan ‘’NIK dan No KK. Lalu, isikan data diri dengan lengkap dan benar, pilih puskesmas lokasi vaksinasi, terakhir tunggu penjadwalan vaksinasi melalui WhatsApp Blast Puskesmas. 

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksinasi di Semarang yang Layani Suntikan Dosis Pertama

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya