Comscore Tracker

Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga Wayangan

Pihak hotel bagikan promo bagi tamu yang menginap

Semarang, IDN Times - Berbagai pihak memeringati gerakan global untuk masa depan bumi, Earth Hour pada Sabtu (26/3/2022). Peringatan tersebut dimulai pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Sejumlah hotel di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta ikut mengadakan aksi peringatan Earth Hour yang rutin digelar pada hari Sabtu di akhir bulan Maret setiap tahunnya itu.

1. Hotel NEO Semarang tidak lagi gunakan botol air mineral di kamar

Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga WayanganPerayaan Earth Hour di Hotel NEO Candi Simpang Lima Semarang (dok. Archipelago International)

Langkah tersebut menjadi upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global. Selain ikut mematikan lampu pada jam yang telah ditentukan, hotel-hotel di berbagai daerah juga menghadirkan beberapa promo atau kegiatan menarik yang dapat dinikmati oleh para tamu saat menginap atau berkunjung.

Seperti di Hotel NEO Candi Simpang Lima Semarang. Hotel yang terletak di kawasan Candi, Semarang tersebut turut berpartisipasi dalam gerakan cintai bumi dengan mengusung tema Rethink Plastics. Kegiatan itu memiliki pesan utama untuk mengajak seluruh masyarakat bersama-sama peduli terhadap permasalahan sampah plastik yang saat ini menjadi perhatian dunia. 

Hotel NEO Candi Simpang Lima Semarang, di bawah naungan Archipelago menerapkan zero-waste campaign, termasuk mengurangi penggunaan plastik atau botol plastik di lingkungan hotel. 

“Saat ini, seluruh kamar yang ada di Hotel NEO sudah tidak lagi menggunakan botol air mineral di dalam kamar. Sebagai gantinya, kami memberikan fasilitas water jug dan kettle jug, serta gelas/mug di setiap kamar. Pihak manajemen juga menyediakan dispenser di setiap lantai, sehingga tamu bisa bebas mengisi ulang air minum sepuasnya,” ungkap Marketing Communication NEO Candi Simpang Lima Semarang, Natasha. 

Baca Juga: Punya Jogging Track Tertinggi di Semarang, Hotel Aruss Buka Maret 2022

2. Beri diskon promo kamar hingga 50 persen

Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga WayanganTamu The Alana Hotel and Convention Center Solo turut dalam aksi Earth Hour pada Sabtu (26/3/2022) malam. (dok. Archipelago International)

Tepat pada Sabtu (26/3/2022), pukul 20.00–21.00 WIB, selama 60 menit, Hotel NEO mendukung gerakan Earth Hour dengan mematikan lampu selama 60 menit di public area. Sebagai gantinya, mereka menyalakan lilin bertuliskan NEO sebagai aksi untuk mendukung gerakan tersebut.

Pihak management juga memberikan announcement terlebih dahulu kepada tamu yang menginap (inhouse guest) untuk dapat turut serta dalam gerakan tersebut.

Hotel NEO Candi Simpang Lima juga memberikan diskon promo kamar hingga 50 persen dan promo makanan/minuman sampai 20 persen, yang bisa diakses dengan mengunduh aplikasi Archipelago Membership selama Earth Hour berlangsung. 

3. The Alana Hotel Solo menyajikan wedangan dan tari tradisional

Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga WayanganSuasana aksi Earth Hour di The Alana Hotel and Convention Center Solo (dok. Archipelago International)

Di hotel lain, The Alana Hotel and Convention Center Solo, peringatan Earth Hour dilakukan dengan cara yang berbeda, yakni mengangkat budaya dan kuliner lokal Kota Solo pada Sabtu (26/3/2022).

“Budaya serta kuliner lokal Kota Solo ada banyak sekali macamnya dan telah dikemas dengan cara serta penampilan yang unik dan istimewa. Inilah yang ingin kami angkat dan tunjukkan kepada para tamu yang menginap bertepatan dengan Earth Hour 2022, yakni melalui tari tradisional dan makanan khas Kota Solo yakni Wedangan,” kata General Manager The Alana Hotel and Convention Center Solo, Sistho A Srestho.

Tari tradisional yang ditampilkan adalah penggalan kisah Ramayana bertajuk Taman Soka, yakni ketika Dewi Sinta diculik oleh Rahwana dan dibawa ke Negeri Ngalengka. Penampilan tari tradisional tersebut diperagakan oleh empat remaja didikan dari Sanggar Arsa Jumangkah Surakarta. Mereka dengan luwes menampilkan lakon Taman Soka di lobi hotel.

“Dalam Kisah Ramayana, ada berbagai bagian yang memang cukup menarik bagi saya. Melihat aksi mengurangi penerangan untuk keberlangsungan bumi ini, maka saya mengambil tema Taman Soka. Dalam cerita tersebut pula, muncul tokoh Anoman yang berperang dengan Rahwana demi menyelamatkan Dewi Sinta,” jelas pelatih Sanggar Arsa Jumangkah Surakarta, Dwi Handoko.

Peringatan Earth Hour 2022 di The Alana Hotel and Convention Center Solo tersebut menarik perhatian para tamu. Mereka turut berpartisipasi dengan memegang lilin simbolis yang telah disiapkan serta mendokumentasikan momen setahun sekali tersebut.

4. The Alana Malioboro Yogyakarta menyalakan lilin saat Earth Hour

Cara Hotel di Jateng saat Earth Hour, Kurangi Plastik hingga WayanganAksi peringatan Earth Hour di The Alana Malioboro Hotel and Convention Center. (dok. Archipelago International)

Sementara, peringatan Earth Hour di The Alana Malioboro Hotel and Conference Center juga ikut berpartisipasi dalam gerakan menghemat energi listrik untuk menyelamatkan bumi dan mengurangi perubahan iklim dunia.

Hotel yang berlokasi di kawasan Malioboro, Yogyakarta itu ikut melakukan pemadaman lampu selama satu jam pada pukul 20.30--21.30 WIB di beberapa titik penerangan publik area hotel. Momen ini tidak hanya dilakukan oleh para staf hotel saja, namun mengajak para tamu untuk ikut serta mematikan lampu dan listrik di kamar.

“Dari tahun ke tahun kami selalu berpartisipasi dalam program Earth Hour yang diharapkan dapat menggerakkan lebih banyak partisipan untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menghemat energi,” kata General Manager The Alana Malioboro, Berri Naurika.

Baca Juga: Jateng Dilewati Siklon Charlotte, Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya