Jalan Pahlawan Semarang Ditutup untuk Acara Terima Kasih Jawa Tengah

Dishub Semarang berlakukan pengalihan ruas jalan

Semarang, IDN Times - Dinas Perhubungan Kota Semarang melakukan pengalihan arus jalan untuk acara ‘’Terima Kasih Jawa Tengah’’ yang digelar di Kantor Gubernur Jateng, Selasa (5/9/2023). Pada acara perpisahan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen itu Jalan Pahlawan Semarang akan ditutup. 

1. Diperkirakan 50 ribu orang akan menghadiri acara

Jalan Pahlawan Semarang Ditutup untuk Acara Terima Kasih Jawa TengahKonser Pesta Rakyat Ganjar Sumut Fest 2022 di depan Stadion Teladan, Sabtu (30/7/2022) malam (Dok.Istimewa)

Dishub akan melakukan rekayasa lalu lintas khususnya di jalan protokol depan Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, pengalihan ruas di jalan protokol di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah dilakukan karena panggung acara berada di sekitar Jalan Pahlawan. Apalagi, acara tersebut akan dihadiri lebih kurang 50 ribu orang.

‘’Sehingga, akan ada pengalihan di Jalan Pahlawan, mulai dari Rimba Graha hingga bundaran akan ditutup untuk lokasi acara. Ini berlaku mulai Senini (4/9/2023) malam hingga Selasa (5/9/2023) malam.

Maka itu, masyarakat diimbau untuk menghindari Jalan Pahlawan atau mencari alternatif jalan lain. Adapun, Dishub telah menyiagakan 70 petugas untuk terjun di titik-titik yang telah ditentukan. Selain itu, juga ada petugas dari unsur kepolisian.

Baca Juga: Apel Pemenangan Ganjar, TGB Hadir di Tengah Kerumunan Massa PDIP

2. Lokasi kantong parkir

Jalan Pahlawan Semarang Ditutup untuk Acara Terima Kasih Jawa TengahLahan bekas taman hiburan Wonderia Semarang (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Selama acara tersebut juga disiapkan sejumlah lokasi parkir di antaranya, di bekas Wonderia yang berkapasitas 70 bus/truk, TBRS berkapasitas 10 bus, Taman Makam Pahlawan berkapasitas 25 bus sedang. Selain itu, ada kantong parkir Lapangan Garnisun dengan kapasitas 25 bus/truk sedang, serta lokasi parkir di sepanjang tepi Jalan dr Cipto yang diperkirakan dapat menampung sekitar 120 bus/truk.

Danang menjelaskan, nantinya akan diberlakukan sistem drop off (titik turun) bagi peserta acara. Mereka diturunkan di dekat lokasi acara untuk kemudian meneruskan perjalanan berjalan kaki. Sementara, kendaraan pengantar akan diarahkan menuju kantong-kantong parkir yang telah tersedia.

‘’Untuk kendaraan pribadi, disediakan kantong parkir di kompleks Tri Lomba Juang dan sepanjang tepi Jalan Tri Lomba Juang (sejajar satu lapis). Ada pula lokasi parkir mobil pribadi di SMA Negeri 1 Semarang, dan sepanjang tepi jalan Taman Menteri Supeno (sejajar satu lapis). Kami juga akan menyediakan mobil golf yang akan mengantar ke lokasi acara," jelasnya.

3. Jalan alternatif yang bisa diakses

Jalan Pahlawan Semarang Ditutup untuk Acara Terima Kasih Jawa TengahMasyarakat Kota Semarang menghadiri tasyakuran pesta rakyat pelantikan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu di halaman Balaikota Semarang, Senin (30/1/2023). (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Sementara, para pegawai yang bekerja di sekitar Jalan Pahlawan dapat mengakses jalan alternatif yang ada di ruas jalan tersebut seperti di Jalan Imam Bardjo dan Jalan Kusumawardani.

Untuk diketahui, acara pesta rakyat ‘’Terima Kasih Jawa Tengah’’ ini akan dimeriahkan oleh penampilan Ndarboy Genk, NDX AKA, Aftershine, Woro Widowati, dan Vicky Prasetyo.

Sebanyak 160 UMKM juga akan hadir di pedestrian Jalan Pahlawan. Mereka akan menyediakan 40 ribu porsi makanan. Selain itu, akan ada dapur umum di halaman Kantor Telkom yang mempersiapkan 10 ribu porsi nasi untuk rakyat.

Baca Juga: Terpilih Gantikan Ganjar, Nana Sudjana Diminta Amankan Pemilu 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya