Pelamar 3 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Over, IPK 2 Nekat Daftar

Total pendaftar ada 25.373 orang untuk CPNS dan PPPK

Semarang, IDN Times - Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kota Semarang tahun 2021 ditutup Senin (26/7/2021) pukul 23.59 WIB. Total jumlah pendaftar mencapai 25.373 orang, padahal formasi yang dibuka cuma 3.532 orang. 

1. Ada tiga formasi jabatan yang diminati pelamar

Pelamar 3 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Over, IPK 2 Nekat DaftarIlustrasi Pendaftaran CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari banyaknya jumlah pelamar tersebut, ada tiga jabatan formasi yang diminati pelamar. Yaitu formasi penyusun laporan keuangan, terampil perencana, dan ahli pertama perencana.

“Yang top three adalah formasi penyusun laporan keuangan, ini banyak banget yang pengen gabung di situ,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Semarang, Litani Satyawati dalam rekaman resmi yang diterima IDN Times, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: 23 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Masih Sepi Peminat, Yuk Daftar!

2. Ada tiga formasi sepi peminat untuk Kota Semarang

Pelamar 3 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Over, IPK 2 Nekat DaftarIlustrasi ujian komputer CPNS. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Kendati demikian, dari formasi yang sudah dibuka ada tiga formasi jabatan yang sampai penutupan masih kurang peminat atau sepi pelamar. Yakni formasi pengawas kemeterologian, terampil teknik pengairan, dan ahli pertama pengendali dampak lingkungan.

“Tapi sepinya pendaftar jabatan itu bukan berarti kosong. Tetap ada pendaftar. Ibaratnya satu jabatan hanya dilamar 10 orang, tapi bagi kami itu sudah sepi. Padahal, di sisi lain ada satu jabatan yang dilamar ratusan orang,” katanya.

Adapun, rincian jumlah pendaftar CASN Kota Semarang tahun 2021 ini terdiri dari CPNS sebanyak 21.821 orang dan PPPK ada 3.552 orang.

“Jumlah pendaftar CASN di Kota Semarang tahun ini sangat luar biasa. Animo pelamar sangat tinggi. Untuk yang melamar posisi CPNS ada sebanyak 21.821 orang. Kemudian, pelamar PPPK yang mengambil formulir ada 3.630 orang, tapi yang submit hanya 3.552 orang,” jelas Litani.

3. BKPP verifikasi berkas pelamar CASN 2021 Semarang

Pelamar 3 Formasi CPNS 2021 Kota Semarang ini Over, IPK 2 Nekat DaftarIlustrasi CPNS. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Setelah penutupan pendaftaran, tahap selanjutnya BKPP Kota Semarang mem-verifikasi berkas para pelamar. Dari proses tersebut akan diketahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak.

“Saat ini kami sedang terus bekerja untuk verifikasi data. Biasanya yang tidak memenuhi syarat itu misalnya IPK kuliahnya kurang dari syarat. Dalam aturan sudah jelas, yang melamar adalah dengan IPK 3,00. Tapi kadang ada pelamar dengan IPK sekitar dua koma sekian nekat daftar. Kalau seperti ini mohon maaf otomatis akan gugur,” jelasnya

Dari verifikasi berkas tersebut, pelamar yang lolos tahap berikutnya akan diumumkan pada 3 Agustus 2021.

“Pengumumannya serentak bareng kabupaten dan kota se-Indonesia. Apabila dinyatakan lolos verifikasi berkas, pelamar diharapkan menyiapkan diri secara baik untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD). Jadi, jangan kemana mana dulu, fokus aja ke persiapan SKD,” tandas Litani.

Baca Juga: Pendaftaran PPPK dan CPNS Boyolali Diperpanjang, Cek Formasi yang Masih Kosong

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya