PLN Sambung Listrik Gratis 553 Keluarga Miskin Lewat Virtual Charity

Kumpulkan donasi sebesar Rp394 juta

Semarang, IDN Times - Sebanyak 553 keluarga miskin di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta akhirnya bisa merasakan sambungan listrik di rumah mereka. PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melakukan penyambungan listrik tersebut secara gratis dari hasil ajang PLN Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2020.

1. PLN ajak masyarakat berolahraga sambil beramal di tengah pandemik COVID-19

PLN Sambung Listrik Gratis 553 Keluarga Miskin Lewat Virtual CharityiStock/Wavebreakmedia

Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-75 itu mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga lari dan sepeda. Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda akan dikonversikan dalam bentuk rupiah, yaitu sebesar Rp 40.000 untuk lari dan Rp 35.000 untuk sepeda. 

Hasil konversi digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu dengan daya 450 VA di seluruh Indonesia. "PLN VCRR sendiri merupakan ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja kapan saja dan dapat dicicil jarak lari dan bersepedanya untuk tujuan beramal," ungkap General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Feby Joko Priharto melalui keterangan resmi, Sabtu (31/10/2020). 

Baca Juga: PLN Turunkan Tarif Listrik, Ini Rinciannya dan Pelanggan yang Dapat

2. Terkumpul donasi sebesar Rp 394 juta untuk menyambung listrik gratis pada keluarga miskin

PLN Sambung Listrik Gratis 553 Keluarga Miskin Lewat Virtual CharityDok. PLN

Pada ajang tersebut Feby sendiri turut berpartisipasi dalam ajang PLN VCRR 2020 dengan menyelesaikan bersepeda 75 kilometer (km). "Alhamdulillah kami berkesempatan untuk menyalakan salah satu pelanggan yang berhak, tentunya yang belum berlistrik. Kami berikan listrik secara gratis mulai dari instalasi, sertifikasi, dan pasang barunya," ujarnya.

Sampai dengan saat ini, telah terkumpul dana sebesar Rp 394.012.500 yang merupakan konversi dari hasil jarak lari dan sepeda yang telah diselesaikan oleh seluruh peserta PLN VCRR 2020. 

3. Penerima bantuan mendapat sambungan dan instalasi listrik gratis

PLN Sambung Listrik Gratis 553 Keluarga Miskin Lewat Virtual CharityDok. PLN UID Jateng dan DIY

PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta langsung menyerahkan bantuan pemasangan listrik gratis secara simbolis kepada Bupati Magelang, Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang, belum lama ini. Setiap penerima bantuan mendapatkan penyambungan listrik secara gratis termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah dan sertifikat laik operasi.

‘’Kami berharap listrik yang telah dipasang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para penerima bantuan,’’ tandas Feby.

Baca Juga: Hari Listrik Nasional, PLN Kucurkan CSR Capai Rp 15Miliar 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya