Comscore Tracker

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung Isolasi

Para siswa langsung diisolasi secara terpusat di Sekolah

Semarang, IDN Times - Pemberlakuan kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM) nampaknya tak berjalan mulus. Puluhan siswa di Jawa Tengah diketahui positif COVID-19 setelah menjalani PTM.

Sebanyak 90 siswa di Purbalingga dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes antigen. Di Semarang tercatat ada tujuh guru dan siswa yang juga dilaporkan tertular virus corona.

Baca Juga: 90 Siswa SMP di Purbalingga Positif COVID-19 Pas Sekolah Tatap Muka 

1. Guru dan siswa di empat SD dilaporkan tertular COVID-19

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiIlustrasi siswa mengikuti pembelajaran tatap muka (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dinas Kesehatan Kota Semarang, mencatat tujuh guru dan siswa yang dikonfirmasi tertular COVID-19 selama pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM).

"Temuan kasus tersebar di empat SD," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam di Semarang, Selasa.

Ia mengatakan orang-orang yang melakukan kontak erat dengan guru dan siswa yang terserang COVID-19 sudah dilacak dan diperiksa.

2. Diduga tertular saat berada di luar lingkungan sekolah

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiSejumlah siswa mengikuti kegiatan sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Kadinkes mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan di antara orang-orang yang berinteraksi erat dengan guru dan siswa yang terinfeksi virus corona tersebut tidak ada yang tertular COVID-19.

"Dari tiap sekolah hanya ada satu atau dua yang terkonfirmasi positif. Dari penelusuran kontak erat negatif semua," katanya.

Tujuh guru dan siswa yang terserang COVID-19 namun tidak mengalami gejala sakit tersebut, ia mengatakan diduga tertular virus saat berada di luar lingkungan sekolah. Dengan demikian, ia mengatakan tidak ada klaster penularan COVID-19 di sekolah selama pelaksanaan PTM.

3. Guru dan siswa diminta disiplin Prokes dan jujur

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiIlustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (dokumen/IDN Times)

Ia meminta para guru dan para siswa disiplin menjalankan protokol kesehatan selama pembelajaran tatap muka.

Selain itu, ia melanjutkan, guru atau murid yang sedang kurang enak badan diminta tidak datang ke sekolah sampai kondisinya pulih.

"Kejujuran guru dan siswa ini penting untuk meminimalisasi terjadinya penularan," katanya.

4. PTM di Purbalingga langsung dihentikan dan akan dilakukan evaluasi

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiIlustrasi pembelajaran tatap muka (Dok. SMP 5 Semarang))

Sementara itu sebelumnya sebanyak 90 orang siswa di Purbalingga dinyatakan positif COVID-19. Menyusul puluhan siswa yang terpapar virus corona tersebut Pemerintah Kabupaten Purbalingga menghentikan pembelajaran tatap muka yang sebelumnya telah digelar.

Kebijakan menghentikan sementara kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) yakni guna melakukan evaluasi lebih lanjut mengenai kesiapan protokol kesehatan.

"Untuk sementara waktu, seluruh pelaksanaan PTM terbatas dihentikan hingga adanya evaluasi lebih lanjut," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Selasa (21/9/2021).

Bupati mengatakan, keputusan tersebut diambil menyusul adanya 90 siswa SMPN 4 Mrebet, Kabupaten Purbalingga yang saat ini menjalani isolasi terpusat di gedung sekolah karena hasil tes cepat antigen mereka menunjukkan positif COVID-19.

Bupati meminta para orang tua atau wali murid dari 90 siswa yang menjalani isolasi terpusat untuk tetap tenang. Menurutnya anak-anak mereka tetap dalam pantauan ketat dari tim kesehatan.

5. Diketahui setelah 300 siswa lakukan tes massal antigen

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung Isolasitheobjective.com/Ariana Cubillos

Adanya siswa yang terpapar COVID-19 tersebut diketahui setelah tes massal antigen yang diselenggarakan oleh tim Puskesmas setempat.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, dari sekitar 300 siswa, ternyata 90 orang di antaranya hasil tes antigennya positif," katanya.

Bupati mengatakan, terkait dengan hal tersebut pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh dan memastikan kesiapan protokol kesehatan sebelum memulai kembali kegiatan PTM terbatas.

"Dengan demikian diharapkan akan meminimalisir potensi atau risiko penularan COVID-19," katanya.

6. Bakal perketat lagi aturan untuk pelaksanaan PTM

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiIDN Times/Rudal Afgani

Bupati mengatakan pihaknya selama ini telah membuat aturan ketat untuk pelaksanaan PTM terbatas, diantaranya tes antigen massal sebaai upaya persiapan PTM, kemudian juga vaksinasi kepada para guru. .

"Misalkan dengan melaksanakan tes antigen massal sebelum pelaksanaan PTM terbatas, melakukan vaksinasi bagi tenaga pengajar dan juga memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan di sekolah," katanya.

Berkaca adanya sebanyak 90 siswa yang positif COVID-19 tersebut pada masa yang akan datang pihaknya akan membuat aturan lebih rinci dan lebih ketat lagi.

"Karenanya untuk persiapan lebih lanjut maka kegiatan PTM terbatas dihentikan sementara waktu, mohon bersabar, tetap semangat tetap jaga kesehatan dan disiplin serta penerapan protokol kesehatan harus terus diperkuat lagi," katanya.

7. Para siswa kondisinya baik-baik saja dan tanpa gejala

Ikut PTM Puluhan Siswa di Jateng Positif COVID-19, Langsung IsolasiIlustrasi ruang isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bupati mengatakan, pada saat ini pihaknya terus melakukan langkah cepat dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam rangka menangani 90 siswa SMPN 4 Mrebet yang hasil tes cepat antigennya menunjukkan positif.

"Tentu kami akan melakukan langkah cepat, kami juga mengarahkan 90 anak tersebut untuk menjalani isolasi terpusat di gedung sekolah," katanya.

Bupati menambahkan bahwa kondisi para siswa tersebut pada saat ini baik-baik saja dan tanpa gejala.

"Namun isolasi tetap dilakukan untuk mempermudah penanganan lebih lanjut, dan berikutnya juga akan dilakukan tes PCR kepada 90 siswa tersebut. Jadi nanti setelah hasil tes PCR keluar, yang hasil tes PCR-nya positif yang akan melanjutkan isolasi terpusat," katanya.

Baca Juga: PTM Dibuka di Semarang, 7 Guru dan Siswa Kena COVID-19, Duh!

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya