Comscore Tracker

Kader Gerindra Jateng Mulai Gencarkan Prabowo Subianto Capres 2024

Pengin usung kader sendiri di Pilkada biar gak kecolongan

Semarang, IDN Times - Partai Gerindra Jateng memastikan untuk mengusung kader dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2024. Selain itu, Gerindra juga memprioritaskan untuk mencalonkan kader internal dalam pemilihan wali kota dan bupati di tahun yang sama tesebut.

1. Gerindra susun strategi untuk kader internal

Kader Gerindra Jateng Mulai Gencarkan Prabowo Subianto Capres 2024Ketua DPD Gerindra Jateng, Abdul Wachid (kelima kanan) saat di acara HUT ke-14 Partai Gerindra di kantor DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang (Dok. Gerindra Jateng)

Gerindra tengah memetakan siapa saja tokoh internalnya yang akan diusung. Selain itu juga merancang strategi agar mereka bisa melenggang sesuai ketentuan perundang-undangan.

"Kader Gerindra harus bisa jadi kepala daerah. Sudah banyak pilkada dan Gerindra mengusung (calon bukan kader). Setelah mereka berhasil, mereka tinggalkan partai Gerindra," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Abdul Wachid dilansir keterangan resmi saat memberikan arahan dalam acara HUT ke-14 Partai Gerindra di kantor DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang, Minggu (6/2/2022).

Baca Juga: Dua Kali Diterpa Isu Korupsi, Gibran Pede Elektabilitas Tetap Tinggi

2. Pileg 2024 menjadi kunci Gerindra

Kader Gerindra Jateng Mulai Gencarkan Prabowo Subianto Capres 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Memenangkan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Jawa Tengah juga menjadi langkah kunci Gerindra menuju dua strategi tersebut.

Wachid menyebut, jumlah suara di pileg atau jumlah kursi di DPRD menjadi kunci Gerindra bisa mengusung kadernya sendiri atau harus berkoalisi di Pilkada yang digelar mulai November 2024. Sebab, ketentuan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Wali Kota).

3. Kader diharuskan sosialisasikan Prabowo Subianto

Kader Gerindra Jateng Mulai Gencarkan Prabowo Subianto Capres 2024Prabowo Subianto. twitter/prabowo

Gerindra akan memetakan potensi kader yang dimiliki saat ini dan memperkuat struktur partai hingga paling bawah. Termasuk, memperkuat dan menggerakkan organisasi sayap partai.

"Calon legislatif (caleg) akan ditata di kabupaten kota dan provinsi. Yang mau dan mampu bertarung di daerah pemilihan (dapil). Ini harus segera dilakukan karena partai lain sudah menyiapkan," ujar Wachid.

Seluruh kader Gerindra, imbuhnya, diwajibkan terus menyosialisasikan Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai Capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Akui Jawa Tengah Kandang Banteng, Gerindra Gak Mau Jauh Sama PDIP

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya