Wali Kota dan Sekda Solo Jalani Isolasi Mandiri, Kena Virus Corona?

Ada 2 kabag Setda Pemkot Surakarta positif COVID-19

Surakarta, IDN Times - Dua orang kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Surakarta terpapar COVID-19. Atas kondisi tersebut, Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo dan Sekretaris Daerah (Sekda), Ahyani terpaksa harus menjalani menjalani karantina atau isolasi mandiri.

1. Rudy dan Ahyani melakukan kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19

Wali Kota dan Sekda Solo Jalani Isolasi Mandiri, Kena Virus Corona?Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengenakan masker unik. Instagram.com/fx.rudyatmo

Rudy dan Ahyani diketahui telah melakukan kontak dengan kepala OPD yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut. Adapun kedua pejabat yang terinfeksi virus corona adalah kepala bagian (Kabag) Setda Surakarta.

Ahyani yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surakarta mengaku sudah menjalani karantina mandiri, setelah kontak dengan dua kabag tersebut. Saat ini Satgas COVID-19 Surakarta telah melakukan penelusuran terhadap kontak kedua pasien itu.

"Semua kontak sudah di-tracing, baik yang menjalani rapid test (tes cepat) maupun swab untuk sementara work from home dulu," katanya melansir laman resmi Radio Republik Indonesia, Selasa (8/12/2020). 

Baca Juga: 11 Pedagang Terpapar COVID-19, Pasar Gede Kota Solo Ditutup 7 Hari

2. Pemkot Solo belum tutup kantor Setda Surakarta

Wali Kota dan Sekda Solo Jalani Isolasi Mandiri, Kena Virus Corona?surakarta.go.id

Meski dua kepala OPD dinyatakan positif COVID-19, Pemkot Solo belum menutup kantor lokasi tempat mereka bekerja.

"Sebagian bisa dilakukan lewat koordinasi virtual dari rumah," ujar Ahyani.

Terpisah, Wali Kota Solo, Rudy mengaku, menjalani karantina mandiri usai menjalani tes swab Senin (7/12/2020) pagi. Sejumlah agenda yang sudah dijadwalkan, dialihkan menjadi pertemuan virtual.

3. Kesehatan Rudy tidak mengalami masalah

Wali Kota dan Sekda Solo Jalani Isolasi Mandiri, Kena Virus Corona?Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengecek lokasi Asrama Haji Donohudan, Boyolali. IDN Times/Larasati Rey

Rudy mengklaim, tidak mengalami gangguan kesehatan setelah melakukan kontak dengan dua kepala OPD tersebut.

"Ketemunya juga sudah lama, kira-kira Jumat dua pekan lalu. Sampai sekarang saya juga tetap waras-wiris, tadi juga jemput anak renang penting tetap pakai masker ke mana pun," ungkapnya. 

Rudy mengaku tidak mempermasalahkan kewajiban karantina mandiri tersebut. Selain dirinya, seluruh pegawai dan staf rmah dinas di Loji Gandrung Solo juga telah dilakukan swab test semua.

Satgas COVID-19 Surakarta belum menemukan sumber penularan virus corona yang menginfeksi kedua kepala OPD itu karena sampai saat ini klaster sudah tidak beraturan rentetannya.

Baca Juga: Nekat Mudik ke Solo, Siap-siap Karantina di Benteng Vastenburg

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya