Comscore Tracker

180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan Narkoba

Program rehab narkoba diklaim bisa pulihkan rasa percaya diri

Semarang, IDN Times - Sebanyak 180 narapidana Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang memutuskan ikut program rehabilitasi sosial untuk menghilangkan ketergantungan pada obat-obatan terlarang.

 

1. Rehabilitasi sosial bisa pulihkan rasa percaya diri para napi

180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan NarkobaIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Kepala Lapas Kedungpane, Dadi Mulyadi, rehabilitasi yang dilakukan para narapidana juga bisa memulihkan kembali rasa percaya diri, serta mengajarkan kepada mereka sikap tanggung jawab terhadap masa depannya masing-masing.

"Perilaku hidup yang sehat selama menjalani pidana akan berdampak baik terhadap kehidupannya sekarang maupun nanti setelah bebas dari lapas," ujarnya, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga: Lapas Kedungpane Overload 300 Persen, Napi Jambret Bebas Lebih Awal

2. Ada 180 napi Lapas Kedungpane yang ikut direhab

180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan NarkobaJajaran Lapas Kedungpane dan BNN saat membuka program rehabilitasi sosial bagi napi. Dok Lapas Kedungpane Semarang

Dadi menjelaskan terdapat 180 narapidana di lapasnya yang memiliki kesadaran untuk terlepas dari jeratan narkoba. Maka dari itu, pihaknya bersama BNN Jateng menggelar rehabilitasi sosial untuk memberikan proses penyembuhan dengan pengobatan secara berkala.

"Tentunya rehabilitasi sosial ini bisa berupaya menurunkan tingkat penggunaan narkoba dan merubah perilaku mereka," ujarnya.

3. Kalapas pantau perkembangan kesehatan napi selama enam bulan

180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan NarkobaIlustrasi Badan Narkotika Nasional (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia juga berharap agar para narapidana bisa menghilangkan rasa adiksinya. Dan dalam waktu enam bulan ke depan sudah ada tingkat keberhasilan dalam program rehabilitasi sosial.

"Rehab narkoba kita lakukan di klinik milik Lapas Kedungpane. Kita akan cek kondisi mereka satu persatu, kita lihat perkembangannya. Kalau memang masih kecanduan akan ditambah lagi waktu pengobatannya," pungkasnya.

Baca Juga: Sipir Geger! Demi Pacar di Sel Cewek 25 Tahun Masukkan Sabu ke Popcorn

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya