4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi Favorit

Tetap utamakan keselamatan ya

Semarang, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyatakan sekitar 4.170.000 pemudik akan memasuki Jawa Tengah selama momentum arus mudik Lebaran 1444 Hijriah. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, seluruh potensi tindak kejahatan saat ini telah diantisipasi termasuk memperketat penjagaan di lokasi keramaian umum. 

Baca Juga: Syarat Daftar Mudik Gratis ke Jateng Gunakan Kapal! 

1. Polisi akan jaga pegadaian dan bank

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi FavoritIlustrasi pelayanan nasabah PT Pegadaian. (dok. Pegadaian)

Para personelnya dalam waktu dekat akan dikerahkan untuk mengawasi tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan.

"Tim diturunkan di setiap titik krusial untuk pelototin kasus kejahatan. Mulai menjaga lokasi pegadaian dan perbankan," ujar Luthfi, Selasa (28/3/2023). 

2. Ada 247 pos penjagaan selama mudik 2023

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi FavoritIlustrasi Pospam pelabuhan Penajam PPU (IDN Times/Ervan)

Ia memperkirakan dengan energi masyarakat yang besar pasca PPKM dicabut, maka pergerakan pemudik yang masuk ke Jawa Tengah akan semakin tinggi. Diprediksi ada 1.135.000 unit kendaraan yang akan masuk selama arus mudik. 

"Karena tidak ada COVID-19 dan PPKM juga dihilangkan. Jadinya masyarakat tahun ini lebih memilih pulang kampung ke sejumlah daerah di Jateng. Untuk saat ini kita akan siapkan 247 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu," jelasnya.

3. Akan ada one way di ruas tol

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi FavoritKebijakan one way di Tol Japek resmi ditutup Jumat (29/4/2022) pagi. (dok. IDN Times/Istimewa)

Ia berkata pengamanan pemudik akan diperketat di sepanjang Pantura, jalur tengah, ruas jalan tol dan sepanjang jalan Deandels yang ada di Kabupaten Purworejo, Banyumas dan Cilacap. 

Untuk wilayah Jawa sentralnya ada di Kalikangkung. Nantinya ada sistem one way, contraflow dan sebagainya. 

4. MTI sebut jalur tol tetap jadi primadona saat arus mudik

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi FavoritAntrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Terpisah, Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebutkan penggunaan Tol Trans Jawa masih menjadi pilihan utama selama mudik Lebaran. 

"Alasan kelancaran, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan menjadi pertimbangan masyarakat menggunakan jalan tol," ungkapnya kepada IDN Times terpisah.

5. Diprediksi ada 9,2 juta pemudik akan lewati jalan tol

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi FavoritIlustrasi - Sejumlah kendaraan melintasi gerbang tol saat pemberlakuan 'Contraflow' di jalan tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Mengutip data Survei Potensi Pergerakan Masyarakat selama masa libur Lebaran 2023 yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, ia bilang daerah tujuan terbanyak selama arus mudik tahun ini adalah Provinsi Jawa Tengah, yakni 32,75 juta orang atau 26,45 persen.

Sementara itu, pilihan moda masih didominasi mobil pribadi 27,32 juta orang (22,07 persen) dan sepeda motor 25,13 juta orang (20,30 persen). 

Jalur utama yang dipilih pengguna mobil dan sepeda motor didominasi Tol Trans-Jawa yakni 9,2 juta orang.

"Jalur tol diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang. Namun, pemudik diimbau tidak hanya mengandalkan jalan tol, tetapi memilih jalur-jalur alternatif untuk menekan risiko kemacetan panjang di ruas tol," urainya. 

"Tingginya potensi pergerakan masyarakat masa mudik tahun ini memang dipicu tidak ada PPKM, tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan kondisi mendekati normal pasca pandemik," bebernya. 

Baca Juga: Pemudik Lebaran Bakal Melonjak 13 Persen, Ini Titik Kemacetan di Pantura Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya