7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering Jepara

Warga bisa pakai alat seadanya buat jinakan api di hutan

Jepara, IDN Times - Berada dalam kawasan konservasi BKSDA Jateng, Gunung Celering dikhawatirkan bisa berpotensi mengalami kebakaran hutan saat memasuki musim kemarau tahun ini.

Budi Ambong, Kepala KPHK Pati Barat mengatakan potensi kerawanan kebakaran di Gunung Celering termasuk kategori sedang. "Karena kadang masih turun hujan. Tapi kalau betul-betul  kemarau bisa saja terjadi (kebakaran)," katanya kepada IDN Times. 

Gunung Celering yang terletak di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara ini memiliki luasan sekitar 1.328,40 hektar. Ragam satwa dan tumbuh-tumbuhan pun tetap tumbuh subur di pegunungan tersebut. 

Baru-baru ini, para petugas BKSDA wilayah KPH Pati Barat sedang giat menempa kemampuannya untuk memadamkan kebakaran hutan di Gunung Celering. Simak potretnya dibawah ini.

1. Para regu penjinak api dari KPH Pati Barat tampak menyiapkan peralatan pemadaman kebakaran hutan

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaTim pemadam kebakaran hutan di Gunung Celering Jepara bersiap latihan. (Dok KPHK Pati Barat)

Baca Juga: Waspadai Katak Pohon Penjaga Gunung Celering Jepara, Air Kencingnya Bikin Iritasi

2. Ini beragam peralatan yang dipakai buat menjinakan api yang membakar hutan Gunung Celering. Ada garu, pacul sampai arit

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaGaru cangkul ari dan alat-alat lainnya bisa dipakai untuk padamkan api yang membakar hutan di gunung. (Dok KPHK Pati Barat)

3. Kalau yang ini petugas sedang membuat sekat bakar untuk mengantisipasi kebakaran. Termasuk pembersihan serasah di jalur rawan kebakaran

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaPara petugas KPHK Pati Barat membuat sekat untuk mengantisipasi kebakaran di Gunung Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

Baca Juga: Nenek Pemuja Nyi Roro Kidul di Karimunjawa, Menghilang saat Weton Tertentu

4. Para petugas KPH Pati Barat juga kompak latihan memanasi pompa air dan latihan sedot air plus siram air

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaPetugas KPHK Pati Barat sedang latihan menyemprotkan air untuk cegah kebakaran hutan Gunung Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

5. Sebuah mobil patroli BKSDA ikut dikerahkan dengan membawa mesin pompa untuk bersiaga 24 jam

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaMobil patroli BKSDA Jateng standby 24 jam untuk cegah kebakaran di Gunung Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

Baca Juga: Lacak Corona Delta India, 6 Spesimen Pasien Asal Jepara Dites Genome

6. Agar fisiknya tetap bugar, para petugas rutin olahraga. Salah satunya ya lari sprint naik turun tanjakan gunung sambil bawa selang

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaSejumlah petugas giat olahraga lari naik turun Gunung Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

7. Yang satu ini gak kalah penting. Petugas terlihat cek fisik peralatan agar kondisinya tetap berfungsi dengan baik

7 Potret Latihan Pemadaman Api di Gunung Celering JeparaSeorang petugas mengecek peralatan pemadam kebakaran di Gunung Celering Jepara. (Dok KPHK Pati Barat)

Gimana guys, kalian tertarik ikut menjaga kelestarian Gunung Celering gak? 

Baca Juga: Begini Kondisi Spesies Mangrove Pohon Jeruk di Segara Anakan Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya