Comscore Tracker

Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar Pranowo: KPK Sudah Beri Kode

KPK dikabarkan tangkap Bupati Pemalang

Semarang, IDN Times - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dikabarkan terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan sebenarnya KPK sudah memberikan kode khusus ketika memberikan penyuluhan yang dihadiri para kepala daerah di Jawa Tengah. 

Kode yang dilontarkan KPK berupa sindiran terkait aksi jual beli jabatan, permainan proyek-proyek dan sebagainya. 

"KPK sudah sering berikan sosialisasi, edukasi dan itu sebenarnya kode dari KPK. Sering bilangnya hati-hati lho ada yang jual beli jabatan, ada lho yang main proyek, ada lho yang begini ini," ungkap Ganjar, Kamis (11/8/2022). 

1. Ganjar sudah ingatkan kepada kepala daerah

Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar Pranowo: KPK Sudah Beri KodeGubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Kode yang diberikan KPK, katanya semestinya dijadikan peringatan bagi para kepala daerah. Ia pun juga kerap mengingatkan kepala daerah agar berhati-hati dalam mengambil kebijakan. 

"Saya sudah mengingatkan berkali-kali kepada kawan-kawan. Saya tentunya tunggu perkembangan. Sebelum kejadian ini saya juga berkomunikasi dengan mereka. Saya selalu mengingatkan kerjasama kita dengan penegak hukum termasuk KPK sudah sering. Jadi kita sebenarnya harus lakukan kontrol diri," terangnya. 

Baca Juga: Tilep Duit Rp1 M, Sekda Pemalang Jadi Tersangka Korupsi Proyek Jalan

2. Ganjar ngaku sempat beri pendampingan di Pemalang

Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar Pranowo: KPK Sudah Beri KodeBupati Pemalang. Twitter.com/PemkabPemalang

Pihaknya pun menyarankan kepada semua kepala daerah menghentikan permainan kebijakan yang mengarah pada aksi korupsi maupun suap. 

Untuk kasus yang terjadi di Pemalang, ia berkata telah beberapa kali memberikan pendampingan kepada pejabat bersangkutan. 

Pendampingan dari Pemprov Jateng diberikan kepada Sekda Pemalang yang belum lama ini ditetapkan sebagai tersangka suap proyek jalan dan jembatan yang nilainya Rp1 miliar. 

"Yang masalah di Pemalang kita sudah beri pendampingan ke sana. Kan ada kejadian sekdanya bermasalah. Dan ini penting untuk semuanya. Udahlah hentikan semua kejahatan model seperti ini," terangnya. 

3. Kasus yang melibatkan Bupati Pemalang diduga soal pemberian fee

Bupati Pemalang Kena OTT, Ganjar Pranowo: KPK Sudah Beri KodeIlustrasi kasus suap (IDN Times/Sukma Shakti)

Ganjar pun menduga penangkapan Bupati Pemalang di Jakarta oleh KPK kemungkinan terkait keterlibatan pada kasus tertentu. Ganjar mencontohkan salah satunya soal pemberian fee. 

"Saya tidak tahu bagaiman OTT-nya. Mungkin mereka komunikasi soal bisnis, soal kebijakan, mungkin mendapatkan usulan, didampingi dapatkan fee. Ya seperi itulah," paparnya. 

Baca Juga: Senam hingga Konser, Cara Relawan Millennial Gaungkan Ganjar di Sumut

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya