Comscore Tracker

Diduga Ditembak, Seekor Elang Bido Ditemukan Terluka di Bagian Sayapnya

BKSDA evakuasi dua satwa sekaligus

Batang, IDN Times - Seekor elang ular bido yang diperkirakan berusia dua tahun ditemukan oleh warga Subah, Kabupaten Batang Salam kondisi terluka berat.

Elang yang bernama latin Spilornis cheela itu saat pertama kali ditemukan kondisi sayap kanannya patah karena diduga ditembak oleh pemburu.

1. Sayap kanan elang bido patah akibat kena tembakan

Diduga Ditembak, Seekor Elang Bido Ditemukan Terluka di Bagian SayapnyaWarga Batang saat membantu evakuasi burung elang bido. Dok BKSDA Jateng

Seorang polisi hutan (Polhut) BKSDA Jateng dari unit wilayah Semarang, T Suharyono mengungkapkan, elang bido tersebut ditemukan sekitar tiga pekan lalu ketika beberapa warga kebetulan sedang menggelar hajatan. 

"Pas ditemukan sama warga Kampung Kemiri Barat di Kecamatan Subah, ada luka di bagian pangkal sayap sebelah kanan. Kondisinya cukup parah karena mungkin kena tembakan," ujar Suharyono saat berbincang dengan IDN Times, Selasa (9/6). 

Baca Juga: Unik! Elang Ini Pantau Perubahan Iklim di Pegunungan Alphen

2. Elang bido sempat dirawat oleh warga setempat

Diduga Ditembak, Seekor Elang Bido Ditemukan Terluka di Bagian Sayapnyaflickr.com

Ia mengaku sempat meminta seorang warga setempat untuk merawat burung predator tersebut agar lukanya membaik. Suharyono menyatakan warga memberi asupan makanan berupa daging ayam hingga beberapa hari. 

"Karena elangnya gak bisa bergerak bebas, maka dipelihara sementara sama warga. Kita sudah minta diberi pakan daging ayam dulu. Syukurlah, sekarang lukanya sedikit demi sedikit sudah pulih walaupun belum bisa terbang," jelasnya. 

Tim BKSDA, lanjutnya sore ini mengevakuasi elang bido jantan itu ke klinik hewan milik Dholpin Center Batang. Sebab, Dholpin Center merupakan salah satu lembaga konservasi (LK) yang ditunjuk oleh Kementerian LHK untuk menampung satwa langka agar dapat dikembangbiakan. 

3. Ada juga seekor lutung yang ditemukan di Pekalongan. Saat ini dibawa ke Dholpin Center

Diduga Ditembak, Seekor Elang Bido Ditemukan Terluka di Bagian SayapnyaPetugas BKSDA Jateng saat mengevakuasi lutung di Pekalongan. Dok BKSDA Jateng

Selain elang bido, pihaknya juga mengevakuasi seekor lutung Jawa yang ditemukan warga Desa Sumurjomblangbogo, Kabupaten Pekalongan. Lutung yang masih berukuran kecil tersebut telah dibawa Tim BKSDA untuk dipindahkan ke Dholpin Center. 

"Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) dari BKSDA sudah merapat ke lokasi penemuan lutung. Sekarang bergerak menuju LK Dholpin Center," tukasnya. 

Baca Juga: Sepekan Terakhir, Warga Semarang Diteror Kawanan Lutung

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya