Ganjar Cuma Mau Lantik Bupati/Walikota Semarang Raya, Ini Alasannya

Kandidat terpilih lainnya akan dilantik secara virtual

Semarang, IDN Times - Proses pelantikan bupati dan wali kota terpilih 2020 di Jawa Tengah akan dilantik Jumat (26/2/2021) besok. Namun, menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dirinya akan memilih melantik sejumlah bupati dan wali kota di area Semarang Raya secara langsung.

Kandidat yang akan dilantik secara langsung oleh Ganjar yaitu paslon wali kota dan wakil wali kota Semarang, Bupati Demak, Kendal dan Kabupaten Semarang.

"Akan kami gelar secara hybrid. Karena saya harus di ibu kota provinsi, maka yang akan saya undang hanya yang di Semarang Raya, yakni Wali Kota/Wakil Wali Kota Semarang, Bupati/Wakil Bupati Semarang, Kendal dan Demak. Yang lainnya nanti melalui daring," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (26/2/2021).

 

1. Ganjar: Kami ingin pelantikan dengan protokol kesehatan

Ganjar Cuma Mau Lantik Bupati/Walikota Semarang Raya, Ini AlasannyaGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menggelar rakor dengan TNI di kantornya. Dok Humas Pemprov Jateng

Pihaknya mengatakan saat ini sudah menyiapkan acara pelantikan bagi para kandidat bupati/walikota terpilih tersebut. Lokasi pelantikannya dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja. 

Ganjar menjelaskan untuk sementara calon lain yang dilantik secara daring, nantinya di gedung DPRD daerahnya masing-masing.

"Yang lain seperti Forkompimda saya minta tetap di daerah masing-masing dan menyaksikan via daring. Kami ingin acara pelantikan ini betul-betul menjaga protokol kesehatan," ungkapnya.

Baca Juga: Wali Kota Tegal dan Wakilnya Lagi Gak Akur, Ganjar: Itu Urusan Pribadi

2. Ganjar anggap dengan melantik empat paslon bisa terapkan prokes

Ganjar Cuma Mau Lantik Bupati/Walikota Semarang Raya, Ini AlasannyaKetua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menetapkan pasangan petahana Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai calon tunggal dalam Pilwalkot Semarang pada 9 Desember 2020 mendatang. Dok. KPU Kota Semarang

Secara umum, proses pelantikan empat kepala daerah terpilih di Gradhika akan bisa dimanajemen dengan baik bila diikuti keluarga inti saja. Sebab, ruangannya cukup besar untuk acara pelantikan besok.

"Kalau hanya empat pasangan calon plus keluarga ini, maka protokol kesehatannya bisa dimanajemen dengan baik," pungkasnya.

3. Paslon Ngesti-Basari akan gelar seremoni di Kabupaten Semarang

Ganjar Cuma Mau Lantik Bupati/Walikota Semarang Raya, Ini AlasannyaBupati Semarang Ngesti Nugraha (Instagram.com/ngesti.nugraha)

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Semarang Alexander Gunawan membenarkan bila pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Semarang terpilih, Ngesti Nugraha dan Basari akan digelar di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan, Semarang.

Usai dilantik, katanya akan ada prosesi seremoni di Pendopo Pemkab Semarang. Kemudian menuju gedung DPRD Kabupaten Semarang. "Di sini acaranya serah terima jabatan dari Pelaksana harian (Plh) Bupati Suko Mardiono kepada Bupati terpilih Ngesti Nugraha," bebernya.

Baca Juga: Calon Wali Kota Tunggal di Pilkada Kota Semarang Terpapar COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya