Ganjar Klaim Tak Ada Warga Berkerumun di Pelaksanaan Pemungutan Suara

Ganjar sambangi TPS Bandarjo Ungaran

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut memantau proses penghitungan suara di sejumlah daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020, pada Rabu (9/12/2020). Salah satu wilayah yang disambangi Ganjar yaitu TPS 9 Bandarjo, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Setibanya di lokasi TPS, Ganjar pun menyapa para petugas TPS setempat. "Sudah selesai belum pak prosesnya? Gimana perhitungannya?," tanya Ganjar kepada seorang petugas TPS 9.“Nggeh pak sampun, ini sudah selesai,” kata petugas tersebut.

1. Petugas TPS bisa meminimalisir potensi kerumunan

Ganjar Klaim Tak Ada Warga Berkerumun di Pelaksanaan Pemungutan SuaraPetugas PPS Desa Tumanggal mendistribusikan logistik pemilu ke TPS 9 Dusun Pagersari Desa Tumanggal Kecamatan Pengadegan Purbalingga,Selasa (8/12/2020)./Foto: Rudal Afgani

Ganjar cukup mengapresiasi para petugas TPS yang dianggap sudah bisa mengatur jarak untuk meminimalisir potensi kerumunan. Menurutnya setelah pulang dari TPS, para petugas harus langsung mandi dan mencuci bajunya.

"Yawis, setelah ini jenengan resik-resik, mulih, adus, klambine diganti (ya sudah setelah ini anda bersih-bersih, pulang, mandi, bajunya diganti)," terangnya.

Baca Juga: 6 Petahana di Pilkada Serentak Jateng Menang Telak Lawan Kotak Kosong

2. Ganjar bersyukur tidak ada kerumunan

Ganjar Klaim Tak Ada Warga Berkerumun di Pelaksanaan Pemungutan SuaraANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Sehari sebelum proses pencoblosan, Ganjar juga sudah keliling TPS untuk memastikan prokes dijalankan.

Saat pencoblosan, Ganjar mengklaim bahwa pelaksanaan protokol kesehatan di sejumlah TPS berjalan sesuai harapan. "Alhamdulillah tidak ada kerumunan,” katanya.

3. Ganjar sudah cek protokol kesehatan di TPS sejak pagi

Ganjar Klaim Tak Ada Warga Berkerumun di Pelaksanaan Pemungutan SuaraANTARA FOTO/Anis Efizudin

Pada Rabu pagi, Ganjar juga telah menggunakan hak suara beserta anak dan istrinya di TPS 02 Gajahmungkur. Ganjar datang sembari gowes pagi, sesuai jadwal dalam undangan pukul 07.30 WIB.

Selain itu, Ganjar melanjutkan gowes pagi berkeliling Kota Semarang. Ganjar juga selalu berhenti di setiap TPS yang dilewati. Dengan teliti, Ganjar mengecek pelaksanaan pemilihan serentak dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga: Money Politic Marak di 4 Daerah Jateng, 1 Pelaku Kena OTT Bawaslu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya