Comscore Tracker

Geger! 2 Sipir Ketularan Corona, 500 Napi di Semarang Jalani Isolasi Mandiri

Ratusan napi kontak erat dengan 2 sipir

Semarang, IDN Times - Sebanyak 500 narapidana di Lapas Kedungpane Semarang menjalani isolasi mandiri guna memutus mata rantai penularan virus Corona. Proses isolasi dilakukan setelah seorang sipir kedapatan terpapar COVID-19.

 

1. Dua sipir Lapas Kedungpane sedang diisolasi di rumahnya masing-masing

Geger! 2 Sipir Ketularan Corona, 500 Napi di Semarang Jalani Isolasi Mandiriilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Syafar Pudji Rochman mengungkapkan saat ini terdapat dua petugas jaga di Lapas Kedungpane yang sudah dinyatakan reaktif COVID-19 dan sedang menjalani karantina selama 14 hari.

"Kedua petugas ini sedang isolasi mandiri di rumahnya masing-masing," kata Syafar, Kamis (17/6/2021).

Baca Juga: Geger! Ratusan Pil Penenang Riklona Diselundupkan di Lapas Kedungpane

2. Ada 500 napi yang terpaksa diisolasi di blok tahanannya karena kontak erat dengan 2 sipir

Geger! 2 Sipir Ketularan Corona, 500 Napi di Semarang Jalani Isolasi Mandiri(Ilustrasi narapidana) IDN Times/Sukma Shakti

Menurut Syafar kedua sipir dinyatakan reaktif ketika menjalani tugasnya mengawasi para narapidana yang beraktivitas di bengkel kerja di dalam Lapas Kedungpane.

Atas temuan itu, sebanyak 500 narapidana yang menghuni 44 kamar berbagai blok tahanan akan dilakukan testing COVID-19 karena bersinggungan langsung dengan dua sipir yang terpapar COVID-19.

3. Lapas Kedungpane hanya lakukan rapid test untuk cek penularan COVID-19

Geger! 2 Sipir Ketularan Corona, 500 Napi di Semarang Jalani Isolasi MandiriPara narapidana Lapas Kedungpane tampak ditutup matanya sambil diborgol saat hendak dipindah ke Nusakambangan. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Sementara ini, katanya ratusan narapidana tersebut telah diminta untuk menjalani isolasi mandiri di setiap kamar tahanannya untuk memupus penularan COVID-19.

"Rencananya mereka menjalani rapid tes untuk memastikan apakah ada yang terpapar atau tidak. Namun masih dikoordinasikan dengan Puskesmas Ngaliyan untuk pelaksanaannya," ujar Syafar.

"Jadi, proses isolasi mandiri di kamar tahanan bukan karena mereka kena COVID-19, tapi sebagai upaya pencegahan agar tidak terjadi penyebaran virusnya di dalam lapas," tambahnya.

Informasi yang diperoleh IDN Times, 44 kamar yang dipakai isolasi mandiri meliputi blok Bima 3 kamar, Citrawirya 5 kamar, Drupada 6 kamar, Ekalawya 13 kamar, Fatruk 10 kamar, Gatotkaca 5 kamar dan Janaka 2 kamar.

Baca Juga: 180 Napi Kedungpane Rehabilitasi Sosial Hilangkan Kecanduan Narkoba

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya