Jimat Milik Peserta Tes CPNS yang Disita Petugas Tiba-tiba Raib

Panitia imbau peserta fokus pada tes CPNS

Semarang, IDN Times - Sebuah kejadian tak terduga muncul saat tahapan tes CPNS berlangsung di Kampus Udinus, Semarang. Para petugas penjaga body check digemparkan dengan raibnya sebuah jimat yang disita dari tangan salah satu peserta tes CPNS.

1. Jimat itu hilang saat ditaruh di atas meja

Jimat Milik Peserta Tes CPNS yang Disita Petugas Tiba-tiba RaibPanitia tes CPNS Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Pengawas dari Badan Kepegawaian Negara, Sri Widyanti berkata kejadian itu berawal saat petugasnya menggeledah seluruh badan peserta tes CPNS di ruangan body check. 

Ketika itu petugasnya menemukan sebuah bungkusan kertas berusia koin. Karena ada dugaan barang tersebut merupakan salah satu jimat, petugasnya pun menyitanya. Barang itu milik peserta dari kabupaten Tegal. 

"Sudah kita letakkan di atas meja body check. Kita sebelumnya minta ke yang bersangkutan supaya ambil lagi barangnya tersebut. Setelah ditunggu-tunggu dia gak ambil-ambil. Ternyata jimatnya juga hilang. Akhirnya muncul spekulasi kalau jimatnya pasti kembali ke pemiliknya," akunya, Rabu (12/2). 

Baca Juga: Tes CPNS 2019, Dua Pendaftar Dari Tegal Kepergok Bawa Jimat

2. Jimat yang hilang berupa koin plus rapalan doa

Jimat Milik Peserta Tes CPNS yang Disita Petugas Tiba-tiba RaibAntrean tes CPNS di Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Ia mengatakan jimat tersebut berisi koin yang dibungkus kain dan terdapat rapalan doa-doa dalam bahasa Arab pegon. Menurutnya jimat yang hilang itu sontak mengejutkan para petugas. 

Ia menuturkan selama ini memang banyak peserta tes CPNS yang tepergok membawa jimat ke lokasi tes. Jumlahnya, katanya sangat banyak. 

Malahan, ia juga menemukan peserta nekat menabur bunga di salah satu lokasi tes. Ada pula ia bilang seorang peserta yang membakar menyan di dekat ruangan tes CPNS. 

3. Petugas imbau peserta tes CPNS gak usah neko-neko. Fokus saja pada doa dan mengerjakan soal tes CPNS

Jimat Milik Peserta Tes CPNS yang Disita Petugas Tiba-tiba RaibSeorang peserta CPNS saat melihat daftar penerimaan di Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Ia mengimbau kepada peserta tes CPNS agar tak lagi neko-neko saat ikut ujian. Sebaiknya peserta fokus belajar dan berdoa pada Tuhan agar tes berjalan lancar. 

Munurutnya, sangat mudah kalau ingin bisa menjawab soal CPNS. Sebab, saat ini sudah banyak buku-buku soal tes CPNS. Bahkan, di internet juga banyak soal-soal tes CPNS.

"Gak usah neko-neko, kalau ingin lulus tes CPNS banyak buku-buku soal yang membahas tentang CPNS. Mendingan maksimalkan belajar dan berdoa saja," tandasnya. 

Baca Juga: Kelakuan Lucu Peserta Tes CPNS 2019 Mengakali Aturan Agar Bisa Ujian

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya