Comscore Tracker

Meninggal Kena Corona, Ini 3 Nama Pengganti Ketua DPRD Jepara dari PPP

Ada adik mantan Bupati Jepara yang pernah berurusan sama KPK

Jepara, IDN Times - Elite politik Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai mencari kader terbaiknya untuk menggantikan posisi Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Imam Zusdi Ghozali yang meninggal akibat virus corona (COVID-19) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Ketua DPC PPP Jepara, Taj Yasin Maimoen mengatakan ada tiga nama yang saat ini berpeluang besar untuk menjadi pucuk pimpinan DPRD di Jepara.

Ketiga nama tersebut adalah Masykuri, Sidatul Hasnak, dan Haizul Ma'arif.

"Rekan-rekan di tingkat DPW PPP Jawa Tengah sudah berkoordinasi, kita sudah rapatkan dengan pimpinan dan akhirnya didapat nama-nama itu tadi malam. Sekarang tinggal tunggu rekomendasi resminya dari DPP," kata Gus Yasin, Kamis (13/8/2020).

1. Adik kandung Ahmad Marzuqi jadi kandidat kuat menduduki Ketua DPRD Jepara

Meninggal Kena Corona, Ini 3 Nama Pengganti Ketua DPRD Jepara dari PPPMantan Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi saat di Pengadilan Tipikor Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Ia menyatakan Masykuri tak lain adalah adik kandung mantan Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi yang pernah berurusan dengan KPK karena terjerat kasus suap terkait putusan gugatan praperadilan. Sedangkan Haizul merupakan menantu Marzuqi. Kemudian Hasnak untuk saat ini masih menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Jepara. 

Taj Yasin menekankan apabila ketiga nama kandidat tersebut saat ini sedang digodok oleh DPP PPP di Jakarta.

Salah satu pertimbangan untuk menentukan adalah terkait kelebihan masing-masing kandidat untuk membawa PPP Jepara menjadi lebih baik lagi dan mampu mendulang suara saat Pilkada 2020 serentak nanti.

Baca Juga: 4 Fakta soal Kematian Ketua DPRD Jepara Imam Zusdi Akibat COVID-19

2. PPP dapatkan tiga nama kandidat dari usulan anak ranting

Meninggal Kena Corona, Ini 3 Nama Pengganti Ketua DPRD Jepara dari PPPIDN Times/Aji

Taj Yasin menambahkan jika pihaknya sudah menggelar rapat harian beberapa kali untuk mencari sosok pengganti yang pas bagi posisi Ketua DPRD Jepara.

Ia mengklaim massa di tingkat anak ranting sudah mengusulkan sejumlah nama kader hingga mengerucut pada tiga kandidat tersebut. 

3. Pengganti Ketua DPRD Rembang dianggap masih agak rumit

Meninggal Kena Corona, Ini 3 Nama Pengganti Ketua DPRD Jepara dari PPPKetua DPRD Kabupaten Rembang Kiai Majid Kamil Maimoen (Gus Kamil) yang juga ketua DPC PPP Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. ANTARA

Sementara itu, untuk posisi Ketua DPRD Rembang yang wafat, katanya, tahapan yang dilakukan akan sama. Mulai dari mencari di tingkat kabupaten dahulu, lalu provinsi, kemudian pusat.

"Yang Rembang belum ada pembahasan. Karena sedang menghadapi pilkada, pastinya menentukannya juga akan agak rumit," pungkasnya.

Baca Juga: Disterilisasi! Kantor DPRD Rembang Tutup Pasca Gus Kamil Maimoen Wafat

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya