Muhammadiyah Jateng Mulai Gaspol, Rangkul Peternak Himpun Daging Kurban

RendangMu sudah diproduksi lima tahun terakhir

Semarang, IDN Times - Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah memang baru sebulan lagi. Akan tetapi berbagai persiapan sudah dilakukan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah guna menyambut datangnya perayaan Idul Adha. 

Pihak Muhammadiyah sejak lima tahun terakhir menggencarkan program Program Qurban-RendangMu. 

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Warga Muhammadiyah Jateng Dapat Daging Kurban Kaleng

1. Muhammadiyah bantu warga kemas daging kurban

Muhammadiyah Jateng Mulai Gaspol, Rangkul Peternak Himpun Daging KurbanPedagang kulit sapi kurban membersihkan kulit sapi di lapak pinggir jalan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (10/7/2022). ANTARA FOTO/Jojon/tom.

Sekretaris PWM Jawa Tengah, Dodok Sartono, menyampaikan bahwa Program Qurban-RendangMu PWM Jawa Tengah telah berjalan selama lima tahun.

Dengan adanya program ini menurutnya, manfaat kurban menjadi lebih optimal dan efisien.

Fenomena di masyarakat kita bahwa ketika Idulfitri kulkas pasti penuh.

"Daging kurban bisa bertahan berbulan-bulan. Inilah yang kita coba kurangi dengan pengemasan (daging kurban) sehingga jangkauan lebih luas,” ungkap Dodok seperti dinukil dari laman resmi pwmjateng.com, Selasa (16/5/2023). 

2. Kick off Program Qurban RendangMu

Muhammadiyah Jateng Mulai Gaspol, Rangkul Peternak Himpun Daging KurbanIlustrasi penyembelihan hewan kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum).

Bertempat di Gedung PWM Jawa Tengah, LazisMu PWM Jawa Tengah menggelar Kick Off Program Qurban-RendangMu 1444 Hijriyah. 

Ia menambahkan, program Qurban-RendangMu tidak menggeser pelaksanaan kurban konvensional yang di LazisMu bernama Program Pak Kumis. 

3. Berdayakan peternak dan joint sama pabrik Pronas

Muhammadiyah Jateng Mulai Gaspol, Rangkul Peternak Himpun Daging KurbanIlustrasi orang memotong daging kurban. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Program Qurban-RendangMu ini hanya mengambil porsi 10 persen daging kurban untuk kemudian diolah dengan pengemasan dalam bentuk RendangMu.

“Program ini (RendangMu) juga memberdayakan peternak sapi. Kita juga bekerjasama dengan pabrikan yang profesional untuk pengemasan daging kurban. Kita bekerjasama dengan Pronas, di mana Pronas merupakan perusahaan yang sudah malang melintang dalam dunia pengemasan makanan. Sehingga terjamin kualitasnya," ujar Dodok.

Baca Juga: Mahasiswa Muhammadiyah Desak BRIN Pecat AP Hasanuddin 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya