Nana Sudjana Pamer Prestasi Gibran: Ekonomi Tumbuh 5 Persen

Nana Sudjana lantik Teguh Prakosa sebagai Wali Kota Solo

Semarang, IDN Times - Prosesi pelantikan Wakil Walikota Solo Teguh Prakosa dilaksanakan malam ini, Jumat (19/7/2024).

Bertempat di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Teguh Prakosa dilantik sebagai Walikota Solo menggantikan posisi Gibran Rakabuming Raka yang mengundurkan diri. 

Acara pelantikan Teguh Prakosa sebagai Walikota Solo dipimpin langsung Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana. Di lokasi pelantikan tampak dihadiri seluruh forkopimda Jateng dan Solo. Mulai Pangdam Diponegoro Mayjen Dedy Suryadi, Sekda Jateng Sumarno, Danrem Solo hingga Ketua DPRD Solo. 

Bahkan,wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka dan istrinya Selvi Ananda turut hadir di lokasi pelantikan Teguh Prakosa. 

Secara khusus, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana memuji segala pencapaian yang sudah ditorehkan Gibran selama empat tahun jadi Walikota Solo. 

"Saya mengapresiasi walikota periode sebelumnya, Mas Gibran Rakabuming Raka dan Ibu PKK Selvi ananda. Yang menjalankan tugas selama empat tahun. Yang memberikan pengabdian dan dedikasi memberikan pelayanan bagi masyarakat Surakarta," ujar Nana saat memberi sambutan di depan panggung pelantikan. 

Nana bilang pencapaian Solo dibawah kepemimpinan Gibran patut diberi respon positif. Terlebih lagi, menurut Nana saat Gibran jadi walikota, pertumbuhan perekonomian Kota Solo mampu melesat naik sebesar 5 persen. 

"Kami juga mengapresiasi pencapaian Kota Surakarta di bawah kepemimpinan Mas Gibran yang mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen. Ini di atas rata-rata pertumbuhan nasional," tuturnya. 

Lebih lanjut, Nana mengklaim angka kemiskinan di Solo juga lebih rendah saat Gibran jadi walikota. Ia mencatat angka kemiskinan di Solo sekitar 8,84 persen. Itu, katanya terjadi tahun lalu. 

"Kemudian angka kemiskinan tahun 2023 8,84 persen. Ini tentunya juga lebih rendah dari Jawa Tengah. Kemiskinan ini tanggung jawab kita bersama. Kepada pejabat baru jadi PR untuk menurunkan angka kemiskinan," paparnya. 

Baca Juga: Gibran Mundur, Sekda Jateng Tegaskan Teguh Prakosa Jadi Walikota Solo Definitif

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya