Comscore Tracker

Pasien Suspek Cacar Monyet Seorang Sopir di Pati, Alami Sariawan dan Pembengkakan

Dinkes Pati tunggu hasil uji sampel darah

Semarang, IDN Times - Teka teki siapa pasien suspek cacar monyet di Jawa Tengah sedikit demi sedikit terjawab. Si pasien suspek cacar monyet (monkeypox) merupakan warga Kabupaten Pati. Informasi dari Dinas Kesehatan Pati, pasien sedang dirawat di rumah sakit untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

1. Ada benjolan pecah dan mengering pada tubuh pasien suspek cacar monyet

Pasien Suspek Cacar Monyet Seorang Sopir di Pati, Alami Sariawan dan Pembengkakanilustrasi cacar Monyet (twitter.com/WajahPribumiii)

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia menyatakan, pasien tersebut mengalami gejala mirip cacar monyet dengan kondisi bibir sariawan, pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri kepala, dan mengalami diare. 

"Ada warga Pati, demam di rumah sebelum akhirnya berobat ke rumah sakit. Kemudian selebihnya khas seperti cacar monyet. Mulai muncul benjolan yang ada cairan, bisa pecah dan kering. Juga ada lesi (luka)," ujar Aviani saat dihubungi wartawan, Kamis (4/8/2022). 

Baca Juga: RS Kariadi Semarang Sediakan Seratusan Tempat Perawatan Pasien Cacar Monyet

2. Si pasien masih dirawat di RS swasta

Pasien Suspek Cacar Monyet Seorang Sopir di Pati, Alami Sariawan dan Pembengkakanilustrasi cacar monyet (netec.org)

Dirinya pun tak memungkiri bahwa pasien tersebut saat ini berstatus suspek atau mengalami gejala cacar monyet. Pihaknya yang mencurigai gejala yang dialami pasien untuk saat ini masih memantau perkembangannya. 

"Sudah ada pemulihan dan belum diizinkan pulang. Posisinya dia lagi dirawat di rumah sakit sejak 29 Juli 2022. Lokasinya di rumah sakit swasta," jelasnya. 

3. Dinkes Pati menunggu hasil uji lab di Jakarta

Pasien Suspek Cacar Monyet Seorang Sopir di Pati, Alami Sariawan dan PembengkakanIlustrasi laboratorium (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Sejauh ini, menurutnya kondisi pasien mulai membaik. Dinkes Pati, katanya telah mengambil sampel darah pasien untuk diuji di Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Sri Oemiyati, Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Uji sampel darahnya telah dikirim awal bulan ini. Meski begitu sampai sekarang hasilnya belum ia dapatkan.

"Karena menunggu hasil laboratorium di Kemenkes yang baru dikirim awal Agustus. Darahnya serum untuk diperiksa apa benar ada virus cacar monyet. Sampai hari ini belum diterima hasilnya," ungkapnya. 

4. Pasien suspek cacar monyet bekerja sebagai sopir

Pasien Suspek Cacar Monyet Seorang Sopir di Pati, Alami Sariawan dan Pembengkakancarlife.my

Berdasarkan riwayat pekerjaannya, Aviani menjelaskan, pasien suspek cacar monyet merupakan seorang sopir. Terakhir kali pasien menempuh perjalanan ke luar kota. 

Lebih lanjut, ia memastikan telah memeriksa semua keluarga yang kontak erat dengan pasien suspek cacar monyet. Keluarga si pasien kini juga memilih isolasi mandiri. 

"Kerja driver dan tidak bersentuhan dengan hewan. Memang ke luar kota. Sudah kami lacak semuanya, dan kami lakukan tindakan. Keluarganya sekarang sedang isolasi mandiri," ujarnya. 

Pihaknya mengaku masih melacak sumber penularan cacar monyet yang dialami pasien tersebut. Aviani menyampaikan cacar monyet memang bisa menular. Akan tetapi jarang terjadi terhadap orang ke orang. Hasilnya apakah positif atau negatif masih menunggu uji laboratorium di Kemenkes. 

Baca Juga: Puskesmas Semarang Waspadai Penularan Cacar Monyet, Andalkan Pola PHBS

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya