Penyidikan Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Petugas Listrik Diperiksa Polisi

Sudah 13 saksi yang diperiksa dari dalam dan luar Pertamina

Semarang, IDN Times - Polisi memeriksa petugas rekayasa kelistrikan yang bekerja di lokasi kilang Refinery Unit (RU) IV Cilacap milik PT Pertamina (Persero) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Polda Jateng menyatakan, petugas listrik diperiksa untuk melengkapi pengembangan penyelidikan atas kasus kebakaran kilang minyak Pertamina yang terjadi pada Sabtu (13/11/2021).

1. Sudah 13 saksi diperiksa polisi

Penyidikan Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Petugas Listrik Diperiksa PolisiKobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menyampaikan, petugas listrik itu diperiksa bersama 12 saksi kejadian lainnya. Mereka yang diperiksa berasal dari internal Pertamina maupun eksternal.

"Termasuk di antaranya petugas lead electrical enginering atau petugas rekayasa kelistrikan," paparnya, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Begini Kondisi Cuaca Saat Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar

2. Sisa sisa fluida di lokasi kebakaran dibawa polisi

Penyidikan Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Petugas Listrik Diperiksa PolisiIlustrasi tim Inafis (ANTARA FOTO/TimInafis)

Iqbal berkata, tim identifikasi berada di lokasi kejadian untuk mengidentifikasi penyebab kebakaran. Tim tersebut terdiri dari gabungan anggota dari Mabes Polri, Polda Jateng serta Polres Cilacap.

Mereka memeriksa sisa-sisa fluida akibat kebakaran.

"Tim identifikasi di lokasi dan sampel fluida sudah diambil untuk diperiksa," tutur Iqbal.

3. Polda minta warga tunggu penyelidikan kelar

Penyidikan Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Petugas Listrik Diperiksa PolisiKabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (Dok Humas Polda Jateng)

Iqbal meminta masyarakat bersabar hingga proses penyidikan usai guna menghindari spekulasi atau hoaks yang beredar di media sosial.

"Kapolda Jateng sudah menyampaikan dugaan penyebab kebakaran adalah akibat sambaran listrik. Untuk itu masyarakat diminta bijak dan bersabar menunggu progress penyidikan hingga tuntas. Itu dilakukan agar diperoleh hasil komprehensif sehingga penyidikan dapat dipertanggungjawabkan," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Polda Jawa Tengah menyatakan sejumlah saksi melihat kilang minyak Pertamina Cilacap disambar kilatan petir saat hujan lebat. Polda Jateng memeriksa beberapa saksi termasuk dari BMKG untuk melakukan analisa mengenai kondisi cuaca di lokasi kejadian.

Baca Juga: Selipkan Sabu di Baju Bekas, Petani dan Istri Ditangkap Polda Jateng

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya