Swab Test Acak, 4 Turis di Jateng Positif Ketularan Virus Corona

Awalnya ada ribuan turis yang ikut rapid test

Semarang, IDN Times - Sebanyak 4 wisatawan yang sedang berlibur di Jawa Tengah kedapatan terpapar COVID-19. Keempatnya dinyatakan positif COVID-19 dari hasil tes acak yang dikerjakan tim gabungan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

1. Tes swab dilakukan secara acak di 11 lokasi

Swab Test Acak, 4 Turis di Jateng Positif Ketularan Virus CoronaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo menyatakan tes acak digelar di 11 titik obyek wisata selama musim libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober hingga 1 November 2020 kemarin.

"Dari pemeriksaan kesehatan saat libur panjang kemarin, empat orang dinyatakan positif COVID-19," kata Yulianto dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (2/11/2020).

Baca Juga: 82 Gereja di Jateng Sudah Gelar Misa, Para Jemaat Diimbau Rutin Patuhi 3M

2. Tim medis juga cek kesehatan di Tol Kalikangkung, Karimunjawa dan rest area

Swab Test Acak, 4 Turis di Jateng Positif Ketularan Virus Coronadolanyok.com

Pihaknya mengklaim tes acak untuk menelusuri COVID-19 sudah dikerjakan petugasnya di sejumlah titik. Mulai dari gerbang Jalan Tol Kalikangkung, sejumlah rest area, dermaga penyeberangan Pulau Karimunjawa Jepara, Jembatan Timbang Ajibarang, dan masih banyak lokasi lainnya.

Lebih lanjut, pihaknya menerangkan kini wilayahnya memiliki 28 laboratorium PCR dengan kapasitas tes spesimen sebanyak 8.000 per hari.

Selain upaya testing dan tracing yang saat ini terus digenjot, penanganan treatment di rumah sakit juga terus ditingkatkan. Pihak rumah sakit, katanya, juga masih berusaha rumah sakit juga terus meningkatkan kapasitas dan standar operasional prosedur untuk penanganan pasien.

Di tingkat Puskesmas dan surveilans di tingkat paling bawah pun pihaknya menginstruksikan agar tetap mengerjaka deteksi dini di semua lapisan masyarakat.

3. Semula ada 2.645 turis yang dirapid test, 119 wisatawan reaktif COVID-19

Swab Test Acak, 4 Turis di Jateng Positif Ketularan Virus Coronaunsplash.com/JC Gellidon

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo membenarkan terkait temuan empat wisatawan yang terpapar COVID-19 tersebut. Keempatnya berasal dari Kota Medan, Semarang, Tangerang dan Trenggalek.

Pihaknya mencatat kegiatan tes acak awalnya dilakukan dengan cara rapid test kepada 2.645 wisatawan. Lalu, dari jumlah itu, terdapat 119 orang dinyatakan reaktif. Setelah diswab, ditemukan empat yang dinyatakan positif.

Ganjar berjanji kini petugas medis di lapangan sedang mengebut proses tracing untuk melacak resiko penularan COVID-19 di tempat lainnya.

"Sekarang kami lakukan tracing tindakan-tindakan lainnya. Termasuk, koordinasi dengan daerah asal wisatawan," ujar Ganjar.

Baca Juga: Edaran Menaker Dicuekin, Ganjar Naikan UMP 2021 di Jateng Rp56 Ribu

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya