Tes GeNose, 208 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Positif COVID-19

Harga tarif GeNose naik menjadi Rp30 ribu

Semarang, IDN Times - PT KAI Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang menyatakan sejak layanan tes GeNose C19 diberlakukan di Stasiun Semarang Tawang, ada 208 penumpang kereta api jarak jauh yang diketahui positif COVID-19

1. Dari 14.885 calon penumpang kereta yang dites GeNose, 208 orang positif COVID-19

Tes GeNose, 208 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Positif COVID-19Mesin GeNose. Dok. Humas Pemprov Jateng

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengungkapkan temuan tersebut muncul dari hasil tes GeNose yang digelar di Stasiun Tawang sejak 15 Februari 2021 hingga 18 Maret 2021.

"Jumlah komulatif calon penumpang kereta yang dites sebanyak 14.885 orang. Yang dinyatakan negatif ada 14.731 orang dan yang positif 208 orang," ujar Kris ketika ditemui IDN Times di Stasiun Tawang Semarang, Jumat (19/3/2021). 

Baca Juga: Tes GeNose di Stasiun Tawang Semarang, Cuma Boleh Minum Air Putih

2. Uang tiket penumpang yang positif COVID-19 dikembalikan full

Tes GeNose, 208 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Positif COVID-19Ilustrasi tiket kereta api bandara. IDN Times/Akhmad Mustakim

Dari 208 calon penumpang itu, katanya, mayoritas kategori orang tanpa gejala alias OTG.

"Hasil yang positif kebanyakan tanpa gejala. Ketika dites uap melalui GeNose, tidak merasakan gejala apa-apa. Tapi pas hasilnya keluar, dia ternyata positif COVID-19," terangnya. 

Setelah hasil positif COVID-19, maka calon penumpang kereta api dimasukan ke dalam ruang isolasi yang tersedia di dekat area parkir Stasiun Tawang. Setelah itu, pihaknya memproses pengembalian uang tiket alias refund 100 persen.

"Kita pastikan calon penumpang kereta yang hasil GeNose-nya positif, uang tiketnya kita kembalikan full 100 persen," ucap Kris. 

3. Calon penumpang kereta yang dinyatakan positif mayoritas pilih isolasi mandiri

Tes GeNose, 208 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Positif COVID-19Petugas isolasi menunjukkan peralatan di Tenda Isolasi Rumah Sakit Putri Hijau, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Tak cuma itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan petugas medis setempat untuk merujuk calon penumpang kereta api yang positif COVID-19 ke tempat isolasi mandiri di rumah masing-masing maupun ke Rumah Dinas Wali Kota Semarang.

"Jadi ada dua pilihan bagi dia, mau dibawa ke rumdin atau melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Rata-rata dari kejadian selama ini, calon penumpang yang positif COVID-19 memang milihnya isolasi mandiri di rumahnya," bebernya. 

Kris menyebut sebagian besar calon penumpang yang positif tersebut akan melakukan perjalanan menuju Jakarta dan Surabaya.

4. Tarif tes GeNose naik jadi Rp30 ribu

Tes GeNose, 208 Penumpang di Stasiun Tawang Semarang Positif COVID-19Alat GeNose besutan peneliti UGM. Dok: istimewa

Kris mengklaim bahwa rangkaian tes GeNose yang diterapkan di Stasiun Tawang selama ini terbukti efektif menekan angka penularan COVID-19. Sebab, selain langsung bisa mendeteksi penyebaran virus Corona, GeNose juga memiliki hasil yang akurat. 

"Apalagi GeNose kan sangat sensitif terhadap perubahan udara. Maka ketika calon penumpang akan dites GeNose, 30 menit sebelumnya dia harus puasa dulu dan hanya boleh minum air putih," paparnya. 

Untuk saat ini, layanan tes GeNose masih diberlakukan di Stasiun Tawang dan Stasiun Tegal. Pihaknya memastikan mulai Sabtu (20/3/2021), GeNose secara resmi diberlakukan juga di Stasiun Semarang Poncol. 

"Untuk ketentuan harga, naik dari semula Rp20 ribu, per Sabtu jadi Rp30 ribu. Pemakaian layanan GeNose di Poncol diharapkan bisa mengurangi antrean calon penumpang yang dites GeNose di Stasiun Tawang," tutupnya. 

Baca Juga: GeNose, Pendeteksi COVID-19 yang Kini Populer di Stasiun Kereta

https://www.youtube.com/embed/10Yy4leh-e8

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya