Wagub Jateng Rangkul Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berantas Stunting

Gus Yasin titipkan beberapa hal ke IMM

Semarang, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengajak pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) untuk terlibat aktif dalam menanggulangi kasus stunting di wilayahnya. Gus Yasin mengatakan, pengurus IMM sudah mengucapkan ikrar yang sejalan dengan program yang sedang diemban oleh Pemprov Jateng. 

"Ikrar IMM yaitu penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan, serta mengajak masyarakat Jateng untuk pulih dari keterpurukan ekonomi selama pandemik," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (8/8/2022). 

1. IMM diminta terlibat menangani stunting

Wagub Jateng Rangkul Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berantas StuntingWagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat memberikan keterangan soal pemberangkatan ibadah umrah. (Dok Humas Wagub Jateng)

Selain ikut mendukung program kesehatan, katanya, IMM juga perlu memberantas stunting, penanggulangan HIV/AIDS, peningkatan ekonomi dan ketahanan pangan di Jateng. 

Gus Yasin bilang program lain yang tidak kalah penting adalah penanganan kemiskinan, penguasaan teknologi informasi, menghindari hoaks dan bagaimana mengatasi paham radikalisme dan terorisme di Jateng. 

"Syukur-syukur nanti menjadi bagian dari masyarakat, khususnya organisasi Muhammadiyah tentang pentingnya penanggulangan stunting dan lainnya. Tidak kalah penting, saya berharap kita tanggulangi HIV/AIDS yang saat ini kasusnya masih tinggi," tegasnya. 

Baca Juga: Kasus Stunting Semarang Utara Naik, Efek Balita Dititipkan Pengasuh

2. Gus Yasin minta IMM siapkan kader terbaik untuk pimpin Indonesia

Wagub Jateng Rangkul Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berantas StuntingIlustrasi Logo Muhammadiyah (Website/muhammadiyah.or.id)

Lebih jauh lagi, ia menuturkan DPD IMM Jateng diharapkan segera menyusun langkah dan program kemudian dikolaborasikan dengan pemerintah dan pihak terkait sehingga semuanya dapat bergerak bersama. 

Tak cuma itu saja, IMM yang punya program menyongsong Indonesia Emas 2045 harus mampu menciptakan kader-kader terbaik untuk memimpin Indonesia di masa depan. Karenanya, IMM diharapkan dapat berkolaborasi dengan pemerintah melalui berbagai program yang telah dicanangkan.

"Untuk menyiapkan kader terbaik itu banyak ornamennya. Salah satunya penanggulangan stunting melalui program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng dan Jo Kawin Bocah. Karena  penyebab stunting salah satunya dimulai dari perkawinan pada usia dini," cetusnya.

3. Ada beberapa persoalan yang dititipkan ke IMM

Wagub Jateng Rangkul Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berantas StuntingIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, Gus Yasin menitipkan masalah yang ada di Jateng untuk dijadikan program kegiatan IMM Jawa Tengah. Terutama perubahan birokrasi, dan oknum-oknum yang mengkoarkan dengan paham-paham radikalisme dan terorisme, serta pemberitaan-pemberitaan hoaks. 

4. Ketua IMM janji turunkan angka stunting

Wagub Jateng Rangkul Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Berantas Stuntingilustrasi perbedaan tinggi anak stunting dengan anak normal (Dok. IDN Times)

Sementara itu, Ketua Umum IMM, Abdul Musawir Yahya menyatakan kesiapannya menurunkan angka stunting. Ia berkata bahwa perlu keterlibatan semua pihak guna membangun bangsa yang bersih dari aksi korupsi sekaligus menjaga ketahanan pangan, menjadi garda terdepan dalam mengawal Indonesia pulih dan kuat.

Baca Juga: IDI Jateng Minta Warga Jauhi Monyet dan Tikus Agar Tidak Tertular Cacar Monyet

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya