Comscore Tracker

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 Mili

Vaksin PMK juga dikirim ke delapan daerah lainnya

Salatiga, IDN Times - Kota Salatiga memperoleh kiriman vaksin khusus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebanyak 100 dosis. Pemberian vaksin PMK disambut antusias oleh para petani setempat terutama yang berada di Kelurahan Tingkir Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga.

1. Peternak Tingkir Lor gembira

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 MiliVaksinator saat menyuntikan vaksin PMK ke leher sapi perah yang dipelihara peternak di Tingkir Lor Salatiga. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ketua Kelompok Ternak Sri Mulih, Ahmad Solihun mengaku lega dengan kiriman vaksin PMK dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Karena selama ini dirinya mengaku sering diliputi perasaan was-was, mengingat PMK merupakan penyakit yang mematikan bagi hewan berkuku belah. 

"Kelompok Ternak Srimulih menyambut dengan senang sekali karena ada perawatan dari dinas peternakan yang selalu memerhatikan peternakan," bebernya, Jumat (24/6/2022). 

Baca Juga: 6 Daerah di Jateng Dapat Kiriman Vaksin PMK, Distribusinya Diam-diam

2. Peternak Tingkir Lor punya puluhan sapi

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 MiliPeternakan sapi di Tingkir Lor Salatiga. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ia yang selama ini mempunyai peternakan sapi di Dusun Kradenan memiliki 15 ekor sapi di kandang koloni lalu yang dirawat di kandang warga sebanyak 50 ekor. 

Dengan merebaknya penularan PMK, dirinya diliputi kekhawatiran. Saban hari, ia menyemprotkan disinfektan ke kandang. Sebulan terakhir, ia juga terpaksa memberi vitamin kepada hewan ternaknya. 

Namun, dengan adanya penyuntikan vaksin PMK, ia tidak lagi khawatir ternaknya terkena PMK.

"Kita resah dan (sudah) waspada sebelumnya," terangnya.

3. Salatiga cuma kebagian sebotol vaksin PMK

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 MiliPara vaksinator saat mendatangi kandang sapi milik peternak di Tingkir Lor Salatiga. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Salatiga, Henni Mulyani menyampaikan, terdapat 586 hewan ternak yang terkena PMK. Dari jumlah itu delapan ekor mati meliputi dua induk, seekor jantan dan lima pedet atau anak sapi.

Ternak yang sakit akan diobati karena tidak bisa divaksinasi. Proses pengobatan menjadi tanggung jawab pihaknya.

"Dari (Pemerintah) provinsi (Jateng) pemberian pengobatan sifatnya stimulan," akunya. 

Menurut Henni, saat ini Salatiga hanya mendapatkan satu botol vaksin PMK. Ia mengeklaim, sebotol vaksin bisa digunakan untuk menyuntikan 100 ekor atau 100 kali suntik. Adapun, untuk sekali suntik, pihaknya menakar sebanyak 2 mililiter.

"Salatiga dapatnya 1 botol untuk 100 ekor atau 100 kali suntik. Satu kali suntiknya 2 mililiter. Nyuntiknya ke sapi sehat. Oleh karenanya kita milih wilayah Tingkir yang memang masih hijau, masih bersih," katanya dalam keterangan yang didapat IDN Times

4. Pemkot Salatiga dijanjikan dapat kiriman 55 botol vaksin PMK lagi

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 MiliSapi perah di Tingkir Lor Salatiga saat disuntik vaksin PMK. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Walau begitu, Henni menyebutkan, pihaknya akan mendapat kiriman 55 botol vaksin PMK lagi. Vaksin tersebut akan disuntikan kepada 5.500 ekor ternak

Hari ini, Jumat (24/6/2022), pihaknya juga meluncurkan mobil Unit Reaksi Cepat. Henni berharap supaya warga segera melaporkan ke petugas kalau ternaknya tertular PMK. 

5. Vaksin PMK digelontorkan untuk delapan kabupaten/kota

Walah! Salatiga Cuma Kebagian Sebotol Vaksin PMK, Sekali Suntik 2 Miliilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Penjabat Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi berterima kasih kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo atas distribusi vaksin untuk ternak ke Kota Salatiga.

Sebelumnya, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Jateng mendapat kiriman 1.500 dosis vaksin PMK dari Kementerian Pertanian (Kementan). Alokasi vaksin PMK 1.500 dosis tersebut dikirimkan untuk wilayah-wilayah sebagai berikut:

  • Kabupaten Boyolali sebanyak 400 dosis
  • Kabupaten Semarang sebanyak 300 dosis
  • Kabupaten Klaten sebanyak 200 dosis
  • Kabupaten Sukoharjo sebanyak 200 dosis
  • Kota Salatiga sebanyak 100 dosis
  • Kabupaten Magelang sebanyak 100 dosis
  • Kota Semarang sebanyak 100 dosis
  • Kabupaten Wonosobo sebanyak 100 dosis.

Dinak Keswan Jateng akan mendapat tambahan kiriman 75.500 dosis vaksin PMK dan sudah disimpan di gudang pendingin lantai satu kantor dinas tersebut. 

Baca Juga: Ketua Muhammadiyah Jateng Imbau Jangan Beli Hewan Kurban yang Kena PMK

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya