Ada Program Vaksinasi 2 In 1 untuk Lansia dan Pralansia di Solo, Mau?

Lansia usia mulai 50 tahun dapat vaksinasi, lho

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta membuat skenario baru untuk percepatan vaksinasi di Kota Solo. Yakni dengan program percepatan vaksinasi bagi lansia dan membuka vaksinasi bagi pralansia.

1. Beri reward untuk pengantar vaksin

Ada Program Vaksinasi 2 In 1 untuk Lansia dan Pralansia di Solo, Mau?Ilustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota (DKK) Surakarta, Siti Wahyuningsih mengatakan juga memberikan reward (penghargaan) kepada pengantar atau pendamping lansia yang berhasil untuk ikut vaksinasi. Reward tersebut berupa pemberian vaksinasi bersamaan dengan vaksinasi lansia.

"Jadi siapa yang mengantarkan dua lansia, pengantarnya akan kita berikan vaksin, 2 in 1," ujarnya dalam jumpa pers di Manganti Praja, Jumat (4/6/21).

Kriteria pendamping yang dimaksud bisa dari keluarga, saudara atau kader kesehatan dengan usia 18--49 tahun, serta ber-KTP Solo.

Adapun pelaksanaan vaksinasi program tersebut dilaksanakan tanggal 7--17 Juni 2021, mulai pukul 08.00--11.00 WIB.

Baca Juga: Geram! Parkir Liar di Solo, Gibran Janji Segera Berantas

2. Buka vaksin untuk pralansia

Ada Program Vaksinasi 2 In 1 untuk Lansia dan Pralansia di Solo, Mau?Jumpa pers percepatan vaksinasi di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Siti menambahkan untuk skenario kedua Pemkot Solo akan memulai melaksanakam vaksinasi bagi pralansia dengan usia mulai 50 tahun keatas. Kebijakan tersebut diambil dengan dasar pralansia tergolong kelompok dengan usia paling rentan kedua setelah lansia dan perlu dilindungi sehingga terhindar dari COVID-19.

"Untuk pralansia ini kita harapkan bisa datang sendiri untuk melakukan vaksinasi," jelasnya.

Pembukaan pendaftaran vaksinasi pralansia dilakukan secara online melalui laman linktr.ee/daftarvaksinsurakarta.

3. Ingin mempercepat target vaksinasi

Ada Program Vaksinasi 2 In 1 untuk Lansia dan Pralansia di Solo, Mau?Ilustrasi petugas kesehatan bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 untuk warga lanjut usia (lansia) yang berusia 104 tahun di RS Vania, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan reward vaksinasi lansia bertujuan untuk mempercepat target vaksinasi daerah yang ia pimpin tersebut.

"Hari Senin (7 Juni 2021) pendaftaran pralansia, bisa dilihat pendaftarannya, pralansia antusiasnya akan semakin banyak," ujar Gibran.

Hingga tanggal, Kamis, 3 Juni 2021, target vaksinasi lansia di Kota Surakarta baru 84,33 persen atau sebanyak 42.149 orang dengan target pencapaian sebesar 49.983 orang.

Baca Juga: Tertutup, Staf Khusus Temui Gibran di Solo, Sampaikan Arahan Jokowi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya