Comscore Tracker

Aplikasi untuk Pelaku UMKM Difabel di Solo Biar Bisa Naik Kelas, Yuk!

Bagian dari PEN saat pandemik COVID-19

Surakarta, IDN Times - Business to Business (B2B) marketplace Indonesia, Ralali.com bekerjasama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Sabtu (27/11/2021). Kerjasama tersebut sebagai B2B enabler untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Iindustri Kecil Menengah (IKM) di Kota Surakarta yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan perluasan digitalisasi pasar.

1. Komitmen kembangkan pelaku usaha di Solo

Aplikasi untuk Pelaku UMKM Difabel di Solo Biar Bisa Naik Kelas, Yuk!Peresmian Ralali com di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Kerjasama itu merupakan komitmen dukungan kepada program pemerintah memberdayakan UKM dan IKM, sehingga dapat menjadi contoh untuk dapat dilakukan di berbagai kota maupun kabupaten lainnya di Indonesia. Ralali.com dan Pemkot Surkaarta bersinergi meningkatkan kesejahteraan UKM dan IKM Surakarta melalui proses transformasi digital.

CEO Ralali.com Joseph Aditya, mengatakan sinergi dengan Pemkot Surakarta untuk standardisasi penjualan serta pemasaran sehingga UKM dan IKM sebagai rodusen dapat masuk ke pasar digital, memenuhi standar industri yang ada.

Ralali.com berinovasi berikan solusi melalui big agent, platform yang memberdayakan bisnis dan sumber daya manusia. Ralali.com juga memfasilitasi website gratis melalui aplikasi Konekto dengan menargetkan para UKM dan IKM Surakarta bisa membangun reputasi serta mengembangkan jaringan di era digital.

"Pelaku usaha dapat memperluas jaringan bisnisnya melalui digital store front serta berbagai fitur unggulan dari Konekto. Karena UKM dan IKM yang telah tampil di platform enabler Ralali.com telah dibina mengenai standardisasi produk, pengetahuan packaging, logistik angkutan barang, serta difasilitasi tempo dalam melakukan pembayaran," ujarnya.

Baca Juga: Wamenparekraf Pingsan di Keraton Solo, Gibran Sebut Berdampak Positif

2. Aplikasi ramah untuk difabel

Aplikasi untuk Pelaku UMKM Difabel di Solo Biar Bisa Naik Kelas, Yuk!Peresmian Ralali com di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Joseph menambahkan, aplikasi enabler Ralali.com juga ramah terhadap kalangan difabel, termasuk mereka yang menjadi pelaku usaha UMKM.

"Melalui PT Mitra Enabler Indonesia, Ralali.com berinovasi membentuk enabler khusus untuk UKM dan IKM Disabilitas Go Online sebagai upaya merangkul dan berikan solusi bisnis untuk kaum disabilitas Indonesia," imbuhnya.

3. Dorong program digitalisasi

Aplikasi untuk Pelaku UMKM Difabel di Solo Biar Bisa Naik Kelas, Yuk!Peresmian Ralali com di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, kerjasama tersebut bisa untuk mengembangkan UMKM dan pemulihan ekonomi nasional (PEN) Kota Surakarta yang terdampak pandemik COVID-19.

“Di tahun ini kan kita kejar pemulihan ekonomi jadi bukan Ralali.com saja tetapi semua temen-temen di pusat membantu semua di Kota Solo. Saya juga senang, tadi ada fitur untuk memudahkan difabel (menggunakan aplikasi itu)," ujarnya

Kota Surakarta dipilih Ralali.com sebagai kota pengembangan aplikasi Konekto karena memiliki pelaku-pelaku bisnis UMKM yang berkembang pesat. Adanya aplikasi Konekto dari Ralali.Com diharapkan mempermudah para pelaku UMKM di daerah tersebut dalam mengembangkan bisnis UMKM jauh lebih baik dan berkembang lebih cepat daripada sebelumnya.

Baca Juga: Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun Vakum

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya