Bertemu Gibran di Solo, Emil: Kita Punya Niat untuk Maju Bersama

Emil dan Gibran banyak ngobrol soal politik dan pemerintahan

Surakarta, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka pada Jumat (20/1/2023). Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan kerja sama kedua bidang pemerintahan dan politik.

1. Berencana bekerja sama dengan Kota Solo

Bertemu Gibran di Solo, Emil: Kita Punya Niat untuk Maju BersamaGibran Rakabuming dan Emil Dardak. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai pertemuan, Emil mangatakan jika kedatangannya bertemu dengan putra Sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut dilakukan usai lawatan dari Jakarta. Ia mengaku hanya mampir sebelum nantinya kembali ke Surabaya.

Emil datang sendiri tanpa didampingi oleh istrinya, Arumi Bachsin.

"Kebetulan saya ini dari Jakarta landing di Solo terus kembali ke Surabaya jalur darat. Tadi seru, mengobrol dengan Mas Wali, yang berangkat dari latar belakang seorang entrepreneur dengan leadership masalah perkotaan di Solo dan punya banyak visi untuk mempererat persahabatan dengan Madiun dan Ngawi," katanya.

Emil mengaku dirinya dan Gibran memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan daerah.

"Kita punya niat untuk maju bersama, menang bersama, bukan menang kalah tapi menang-menang. Idenya yang tadi muncul, transformasi kebudayaan," imbuhnya.

Baca Juga: NU Buka Pintu Untuk Gibran Maju ke Pilgub 2024

2. Gibran miliki style out of the box

Bertemu Gibran di Solo, Emil: Kita Punya Niat untuk Maju BersamaGibran Rakabuming dan Emil Dardak. (IDN Times/Larasati Rey)

Disinggung soal pembicaraan politik, Emil mengaku jika pertemuannya sempat bicara soal politik, terutama mengenai Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2024.

"Dikit-dikit ajalah tentang sesama politikus. Gimana rasanya jadi wali kota, saya dulu pernah jadi bupati kan. Pasti ada gregetannya, kalau tidak bisa mengeksekusi secepat saat menjalankan organisasi, korporasi atau profesional. Saya kan juga melihat dari jauh, (Gibran) punya style yang out of the box untuk mengatasi masalah hambatan birokrasi," imbuhnya.

3. Dukung Gibran maju Pilgub 2024

Bertemu Gibran di Solo, Emil: Kita Punya Niat untuk Maju BersamaGibran Rakabuming dan Emil Dardak. (IDN Times/Larasati Rey)

Emil secara pribadi dan terang-terangan gamblang mendukung Gibran Rakabuming Raka untuk maju pada ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2024. Ia mengaku sosok Gibran dinilai sangat pantas menduduki kursi yang lebih tinggi lagi, terlebih dengan kinerja dalam mengemban amanah rakyat sangat baik.

"Kalau saya sampaikan beliau ini ada peluang, peluangnya nyata, salah satunya peluangnya berbeda-beda. Tapi saya rasa mas wali punya peluang yang baik," jelasnya.

Ditanya soal daerah yang cocok untuk Gibran antara DKI Jakarta atau Jawa Tengah, Emil memiliki pandangan sendiri. Menurutnya menjadi pemimpin harus linier, kendati demikian ia menyerahkan sepenuhnya pilihan tersebut kepada Gibran.

"Kalau linear, gini, kalau Jakarta itu terbuka untuk putra putri terbaik bangsa. Ibu kota yang multiculture. Mas Gibran punya daya tarik yang dilihat di Indonesia. Kalau Jateng linear. Tapi yang saya sampaikan dari Mas Gibran dengan gebrakannya, mas Gibran punya daya tarik di masyarakat se Indonesia. Tapi kalau Jateng linear, tapi sekali lagi yang saya sampaikan tadi, (Gibran) bisa fokus di depan mata," jelasnya.

4. Gibran ucapkan terima kasih atas dukungan Emil

Bertemu Gibran di Solo, Emil: Kita Punya Niat untuk Maju BersamaWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, menanggapi pertemuannya dengan Emil, Gibran mengucapkan terima kasih atas dukungannya.

"Ya, terima kasih dukungannya," ujarnya.

Ia mengaku jika pertemuan tersebut lebih membicarakan kerja sama antardaerah, salah satunya dibidang transportasi. Yang nantinya daerah seperti Ngawi dan Madiun bisa dijangkau langsung dari dan ke Kota Solo.

"Ya cukup menyenangkan (pembicaraannya), nanti tak follow-up. Konektivitasnya dan sama saya minta dibantu untuk promosi destinasi-destinasi baru Solo untuk warga Jatim. Ya pangsa pasar kita kayak Ngawi, Madiun, Magetan itu kan pasti ke Solo. Kita mau ke Surabaya, Malang dan lain-lain. Kita gak kalah kok dengan daerah lain. Destinasi baru iya, konektivitas iya," pungkasnya.

Baca Juga: Sama Risma Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Menunggu Keputusan PDIP

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya