Comscore Tracker

Debat Terbuka Pertama Pilwalkot Solo Usung Tema Penanganan COVID-19

Disiarkan di dua stasiun televisi swasta nasional.

Solo, IDN Times - Debat terbuka pertama Calon Wali Kota Solo akan digelar pada tanggal 6 November 2020 mendatang. Debat antara pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dengan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur independent, akan digelar sebanyak dua kali.

Baca Juga: Pilkada Solo, Bawaslu Temukan 284 Pelanggaran APK Gibran dan Bagyo

1. Mengusung tema penanganan COVID-19

Debat Terbuka Pertama Pilwalkot Solo Usung Tema Penanganan COVID-19Website

Debat pertama yang akan dikan digelar Jumat (6/11/20) akan mengusung tema kebijakan strategis penanganan COVID-19. Ketua KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan pada pelaksanaan debat pertama tersebut rencananya akan disiarkan dua stasiun televisi swasta nasional.

“Nanti akan kami tentukan dua diantaranya tiga (penyiar televisi swasta nasional) ,” kata Nurul, Minggu (25/10/20).

Tema penanganan COVID-19 sendiri dipilih karena suasana Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

2. Nama-nama panelis ditentukan pada rapat pleno

Debat Terbuka Pertama Pilwalkot Solo Usung Tema Penanganan COVID-19Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti (IDN Times/Larasati Rey)

Nurul mengatakan belum bisa membeberkan nama-nama panenilis yang akan ikut dalam debat Pilwalkot Solo putaran pertama tersebut. Ia mengaku penentuan nama-nama panelis akan ditentukan pada rapat pleno yang kapan digelar pada hari Senin.

"Panelis berasal personil yang ikut dalam diskusi kelompok terfokus yang dilaksanakan KPU saat belanja masalah atau merumuskan materi debat," ungkapnya.

3. Disiarkan langsung di medsos KPU Solo

Debat Terbuka Pertama Pilwalkot Solo Usung Tema Penanganan COVID-19Unsplash/Glenn Carstens Peters

Selain disiarkan dua stasiun televisi nasional, debat juga akan disiarkan langsung secara live streaming media sosial (medsos) KPU Solo. Diantaranya melalui facebook dan instagram. Debat terbuka hanya mengundang pasangan kandidat tanpa pendukung. Debat terbuka rencananya akan digelar dua jam mulai pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Ruangan yang akan dipergunakan debat terbuka dibatasi maksimal 50 orang guna mengantisipasi kerumunan dan penyebaran COVID-19.

"Debat kedua dijadwalkan digelar tanggal 2 atau 3 Desember 2020 mendatang," pungkasnya.

Perlu diketahui, debat terbuka Pilwalkot Solo sangat menarik perhatian publik, lantaran salah satu kandidat, yakni Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Untuk itu, banyak televisi swasta nasional yang ingin menayangkan debar Pilwalkot tersebut.

Baca Juga: Pede Maju Pilkada 2020 di Solo, Jika Gagal Gibran Jadi Pengusaha Lagi

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya