Comscore Tracker

Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo Lengkap

Suasana akan menjadi Malam lengkap dengan bintang-bintang

Surakarta, IDN Times - Gedung Graha Saba Buana, Solo bersolek menjelang pelaksanaan pernikahan adik Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Idayati dan Ketua Makamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Keduanya akan mengikat janji sehidup semati pada Kamis (26/5/2022).

1. Pernikahan berkonsep Jawa klasik

Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo LengkapDekorasi pelaminan adi Jokowi, Idayati dan Anwar Usman di gedung Graha Saba Buana. (IDN Times/Larasati Rey)

Pemilik Asmoro Decoration yang ditunjuk mendekor panggung pelaminan Ranu Asmoro mengatakan jika konsep dekorasi untuk pernikahan janda dan duda tersebut yakni bertemakan Jawa klasik. Konsep tersebut merupakan pilihan dari Idayati.

"Kalau konsep dekorasi kita menyusun konsep klasik, jadi berdasarkan persetujuan atau request (permintaan) ibu (Idayati). Kita menyusun konsep Jawa klasik. Saya punya gagasan jika konsep Jawa klasik sebagai jawaban berbagai permasalahan artistik dengan tujuan mengharmonikan beberapa kebudayaan yang adiluhung menjadi satu kebudayaan nusantara yang syarat akan filosofi," ungkapnya saat ditemui IDN Times, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Tepis Isu Pernikahan Politik, Alasan Ketua MK Persunting Adik Jokowi

2. Pelaminan dihiasi Joglo Limasan

Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo LengkapDekorasi pernikahan adik Jokowi, Idayati dan Anwar Usman di gedung Graha Saba Buana. (IDN Times/Larasati Rey)

Konsep Jawa klasik tersebut, panggung pelaminan mengambil latar (background) bangunan Joglo Limasan lengkap dengan hiasan gunungan di belakang kursi Idayati dan Anwar Usman. Tak hanya itu, di tengah gedung juga terpasang Joglo Tumpang Sari yang nantinya digunakan pertemuan kedua mempelai.

Ranu menambahkan, nuansa Jawa tersebut tampak elegan dengan hiasan seluruh dinding yang ditutup dengan background berwarna hitam, dengan lampu-lampu kecil bak bintang-bintang.

"Meski pernikahan diadakan Pagi hari, suasana di dalam gedung akan dibuat seolah-olah berubah menjadi Malam hari yang indah dengan taburan bintang-bintang," ujarnya.

Ia mengaku, menyiapkan dua panggung pada sisi kanan dan kiri. Kedua panggung tersebut untuk hiburan gamelan dan musik band.

"Panggung nanti ada dua. Kami juga menyiapkan hiasan bunga segar seperti bunga sedap malam. Ada juga dekorasi wayang di pintu masuk, yakni wayang Kamajaya dan Kamarati yang menyimbolkan kesetiaan dan keabadian," imbuh Ranu.

3. Sudah menjadi langganan keluarga Jokowi

Dekorasi Pernikahan Idayati dan Anwar Usman Jawa Klasik, Joglo LengkapDekorasi pelaminan adi Jokowi, Idayati dan Anwar Usman di gedung Graha Saba Buana. (IDN Times/Larasati Rey)

Ranu menyebutkan, pengerjaan dekorasi untuk pernikahan dikerjakan sejak Senin (23/5/2022). Ia mengklaim, pihiaknya sudah sering menjadi langganan keluarga Jokowi untuk menggelar acara resepsi pernikahan.

Sebelumnya vendor dekor miliknya juga mengerjakan dekorasi pernikahan Gibran Rakabuming Raka-Selvi Ananda dan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

Ditanya soal biaya dekorasi, Ranu belum bisa memastikan. Pasalnya selama mengerjakan dekorasi dari Jokowi, pihaknya selalu menerima bayaran usai acara berlangsung.

"Kalau budget sistemnya kalau sama bapak (Jokowi) pengerjaan dulu.. Kalau wedding (pernikahan) biasa harga mulai Rp17,5 juta itu di gedung dan item pokok pelaminan saja. Kalau custom (permintaan khusus), masuknya beda," jelasnya yang sudah berbisnis tersebut sejak 2010.

Baca Juga: KUA Beri 2 Teks Ijab Kabul Pernikahan Idayati-Anwar Usman untuk Jokowi

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya