Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah Menentukan

Dinilai punya kinerja bagus selama menjabat Wali Kota Solo

Surakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka maju ke ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Bamsoet bahkan secara terang-terangan mendukung Gibran maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

1. Berharap jadi Gubernur DKI Jakarta

Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah MenentukanGibran Rakabuming bertemu dengan Bambang Soesatyo di Balaikota. (IDN Times/Larasati Rey)

Bamsoet mengatakan, jika partainya akan selalu mendukung putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut apabila kelak memutuskan untuk maju sebagai calon gubernur. Ia menilai Gibran merupakan sebagai sosok wali kota yang populer di Indonesia.

"Pasti setuju kalau Golkar mendukung mas Gibran karena termasuk wali kota yang paling populer saat ini di Indonesia. Saya berharap (maju) di (pilgub) DKI," ujarnya setelah bertemu Gibran Rakabuming Raka di Balaikota Solo, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Gibran dan Anies Ketemu Lagi: Sharing Pengalaman DKI Jakarta dan Solo

2. Kepemimpinan Gibran berkarakter

Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah MenentukanGibran Rakabuming bertemu dengan Bambang Soesatyo di Balaikota. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua MPR RI tersebut juga menyebutkan bahwa Gibran punya jiwa kepemimpinan yang berkarakter dan perlu dipertahankan.

"Top berkarakter, ya memiliki visi ke depan dan menurut saya beliau punya kemampuan yang sangat baik. (Evaluasi) gak perlu dah tingkatan atas, semua tinggal menjaga ritme saja," ungkapnya.

Bamsoet bahkan mencontohkan jika tindakan Gibran mampu berkelakuan adil dan menunjukkan performa sebagai Wali Kota Solo selama dua tahun terkahir.

"Melihat ada video (melepas paksa masker seorang anggota Paspampres yang memukul sopir truk), menunjukkan Gibran punya karakter, punya ketegasan dan pro rakyat. Itu kan dia menyuarakan bagaimana dia berpihak pada masyarakat," jelasnya.

3. Berbeda dengan keputusan DPD Solo

Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah MenentukanGibran Rakabuming bertemu dengan Bambang Soesatyo di Balaikota. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Kota Solo, mengusulkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, maju sebagai calon gubernur Jawa Tengah 2024. Melihat hal itu, Bamsoet mengenaskan tak pernah mempermasalahkan perbedaan tersebut.

"Kita di pusat sudah mendengar dan kita akan sampaikan dengan yang lain. Pasti kalau Golkar gak ada komentar apa pun berarti otomatis apa yang disampaikan pasti oleh DPD Solo sudah di amini," pungkas Bamsoet.

4. Gibran sudah menentukan langkah politik

Didorong Golkar Maju Pilgub DKI Jakarta, Gibran: Aku Sudah MenentukanWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal tanggapan dukungan Ketua MPR RI tersebut, Gibran tak bicara banyak. Ia justru menanggapi dukungan politisi Golkar tersebut dengan santai.

"Aku santai ya, ya gak gimana-gimana biasa-biasa aja," ujarnya.

Gibran mengaku jika sudah memiliki langkah politik yang sudah dibuatnya sejak 5 tahun sebelumnya.

"Saya sudah memutuskan. Aku kan kalau memutuskan sesuatu 5 tahun 10 tahun sebelumnya," katanya.

Baca Juga: Gibran Benarkan Jokowi Pensiun Balik ke Solo, Pengin Indonesia Hijau

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya