Gibran Bikin Sekolah Khusus Olahraga di Solo, SKO dari SD sampai SMA

Pembangunan masih menunggu persetujuan dari dinas terkiat.

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta akan mendirikan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) di Kota Solo, Jawa Tengah. SKO tersebut rencananya dibangun di lokasi bekas Sekolah Menengah Pertama(SMP) Surakarta yang saat ini digunakan sementara untuk lokasi SD Bromantakan 56 di Jalan Diponegoro Nomor 45, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

1. Pembinaan SKO berjenjang sejak dini

Gibran Bikin Sekolah Khusus Olahraga di Solo, SKO dari SD sampai SMARencana lokasi pembangunan SKO di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, rencana pembuatan SKO sedang dipersiapkan oleh beberapa dinas terkait. Rencananya, SKO akan dibuat berjenjang, mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"(Rencananya) sekolah khusus olah raga yang di depan Pasar Triwindu, SMPN 5 Surakarta, semua jenjang (sekolah) pokoknya terpusat di situ (pembelajarannya)," jelas Gibran, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga: Kahiyang Ayu Lahirkan Anak Ketiga, Gibran Siapkan Kado Khusus

2. Pembangunan menunggu persetujuan dinas

Gibran Bikin Sekolah Khusus Olahraga di Solo, SKO dari SD sampai SMAWalikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan jika proses pembangunan SKO saat ini masih menunggu persetujuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, untuk jenjang SMA.

Pasalnya, jenjang SMA berada di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

"Tinggal persetujuan SMA boleh tidaknya kita ambil sekalian di situ. Ini perlu kerja sama dari Pemprov Jateng. Ini masih menunggu (kabar)," jelasnya.

3. SKO mencetak atlet usia muda

Gibran Bikin Sekolah Khusus Olahraga di Solo, SKO dari SD sampai SMA

Gibran menjelaskan, saat ini Kota Solo sudah memiliki kelas khusus olahraga yang diterapkan di SMP 1 Surakarta dan SMA 4 Surakarta. Pemusatan kegiatan pembelajaran olahraga tersebut, merupakan program dari Pemkot Surakarta untuk mencetak atlet muda sejak dini.

"Pengembangan atlet, yang paling penting anak-anak kecil dibina dari kecil. Kalau sudah tua seperti (saya) ini tidak bisa dibina," jelasnya.

Perlu diketahui, Jawa Tengah hingga saat ini belum memiliki Sekolah Khusus Olahraga (SKO). Adanya pembuatan SKO di Kota Solo digadang-gadang menjadi SKO pertama di Jawa Tengah.

Kendati demikian, ada 15 satuan pendidikan setingkat SMA Negeri di Jawa Tengah yang sudah menerapkan Kelas Khusus Olahraga (KKO) di sekolah.

Baca Juga: Gak Ganti Mobil Listrik, Gibran: Belum Ada Pengadaan Kendaraan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya