Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di Solo

Tiadakan salat Idul Adha

Surakarta, IDN Times - Perayaan Idul Adha 1442 H ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkurban dua ekor sapi di Kota Solo, Jawa Tengah, hal ini seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Kedua ekor sapi berukuran besar tersebut dibeli dari seorang peternak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Baca Juga: Positif COVID-19, Gibran Rakabuming Tetap Kerja Ikut Rapat di Solo

1. Dikonfirmasi langsung oleh Gibran

Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di SoloWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan jika ayahnya tersebut akan mengirim hewan kurban saat Idul Adha, hal tersebut menjadi kebiasaan sejak dari dulu.

“Biasanya ngirim. Biasanya di Masjid Agung sama Al Wistho. Coba nanti saya ceknya,” kata putra sulung Jokowi.

2. Dua ekor sapi jumbo

Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di Sologoodnewsfromindonesia.id

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani menambahkan kedua ekor sapi akan diserahkan ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran, dan akan langsung disembelih setelah salat Idul Adha 20 Juli 2021 kedua hewan qurban bisa disembelih.

"Pak Presiden Jokowi kurban dua ekor sapi di Solo. Yang satu diserahkan ke Masjid Agung dan satunya ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran," ujarnya Rabu (14/7/21).

3. Sesuai protokol kesehatan

Idul Adha, Presiden Jokowi Kurban 2 Ekor Sapi Ukuran Jumbo di SoloIlustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Lebih lanjut, Ahyani mengatakan jika penyembelihan hewan qurban nantinya akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan, terlebih perayaan Idul Adha saat ini Pemkot Solo masih memberlakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat.

"Panduannya sangat ketat dan harus diikuti. Kami sudah melakukan koordinasi informal dengan takmir masjid," katanya.

Ahyani juga menyampaikan jika pelaksanaan salat Idul Adha diwajibkan untuk dilaksanakan di rumah masing-masing. Hal ini untukenghindari kerumunan, dan pihaknya berencana akan melakukan penutupan tempat ibadah.

"Untuk Salat Idul Adha tidak boleh di tempat publik, harus dilaksanakan di rumah," pungkasnya.

Baca Juga: Siswa SMA Bakal Divaksin, Gibran Optimis PTM Bisa Digelar Bulan Juli

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya