JNE Kembangkan Fulfillment Center di Solo, Gibran Ingin Showcase UMKM

Bagian untuk mengakselerasi UMKM bisa naik kelas

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menggandeng jasa ekspedisi nasional JNE untuk meningkatkan kualitas UMKM di Kota Solo. Dalam kesempatan tersebut, Gibran meminta JNE untuk mengelar pameran  produk-produk UMKM.

1. Minta sediakan showcase UMKM

JNE Kembangkan Fulfillment Center di Solo, Gibran Ingin Showcase UMKMPemeran UMKM JNE di Solo. (IDN Times/ Larasati Rey)

Gibran mengatakan, jika pihaknya terbuka menjalin kerja sama dengan siapa pun, asal syaratnya, mampu menyediakan tempat untuk showcase produk-produk pelaku UMKM.

"Tadi ngobrol sama Pak Presdir (Presiden Direktur JNE), untuk menyediakan tempat buat showcase teman-teman UMKM," ungkapnya usai penyerahan corporate social responsibility (CSR) JNE kepada Baznas Kota Surakarta, Kamis (10/11/2022) di Harris Hotel Solo.

Gibran mengarahkan, pameran untuk industri kecil menengah (IKM) mebel lebih dulu. Dirinya mengaku sudah menginstruksikan soal ini ke Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo. Menurutnya, JNE bisa ikut berkontribusi dalam penyelenggaraan showcase tersebut.

"Nanti akan ada satu tempat khusus untuk teman-teman IKM mebel. Kalau mebel kan harus ada handycraft-nya, pernak-pernik interior. Yang bagus itu seperti di Inacraft. Solo banyak yang ikut. Bagus dan laris produknya," sambungnya.

Baca Juga: Solo Bangkit, Event Dukungan untuk Penguatan Perekonomian UMKM

2. Sambut ide baik dari Gibran

JNE Kembangkan Fulfillment Center di Solo, Gibran Ingin Showcase UMKMPresiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto. (IDN Times/Larasati Rey)

Merespons permintaan tersebut, Presiden Direktur JNE, M Feriadi Soeprapto menyambut baik ide dari putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut. Menurutnya, ide showcase produk UMKM ini adalah ide segar yang bakal dikembangkan JNE.

Artinya, produk UMKM tidak hanya disimpan di dalam gudang JNE saja. Tapi juga dipamerkan ke masyarakat yang bisa menjadi customer baru.

"UMKM ini tentu membutuhkan sarana prasarana dalam menjual produknya. Mas Wali bilang kalau bisa JNE menyiapkan showcase-nya. Di mana nanti mereka bisa display produk-produk mereka di tempat-tempat yang trafiknya banyak seperti mal dan pertokoan. Nah, ini yang ide baru. Saya ingin manajemen JNE mengarahkan program ke sana. Nanti Solo jadi kota prioritas penyelenggaraan showcase," ungkapnya.

3. Kembangkan Solo Fulfillment Center

JNE Kembangkan Fulfillment Center di Solo, Gibran Ingin Showcase UMKMPenyetrahan bantuan dari JNE di Solo. (IDN Times/ Larasati Rey)

Saat ini, JNE tengah mengembangkan Solo Fulfillment Center. Layanan tersebut memungkinkan pelaku UMKM tetap bisa berjualan tanpa perlu punya gudang untuk menyimpan produknya. Sebab produk bisa disimpan di gudang milik JNE. Termasuk pengelolaan dan inventarisasinya.

"Jadi mereka fokus berjualan saja. Kalau mereka dapat order, ada pembelian masuk, dalam sistem akan kami kirimkan. Harapannya, layanan ini bisa mengakselerasi UMKM supaya lebih bergairah dalam menjual produknya," pungkasnya.

Baca Juga: Holding BUMN Jadi Solusi Penyaluran KUR UMKM di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya