Comscore Tracker

Jokowi Ajak Tanam Vetiver Tanggulangi Sedimentasi Waduk Gajah Mungkur

Tanaman cegah erosi tanah.

Wonogiri, IDN Times - Presiden Joko Widodo beserta ibu negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Desa Jatisari Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri, Sabtu (15/2). Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penanaman vetiver.

Baca Juga: Jokowi Lepas Abu dan Rossy Sepasang Elang Jawa di Gunung Merapi

1. Penanaman dilakukan untuk mengurangi sedimentasi tanah di dalam waduk

Jokowi Ajak Tanam Vetiver Tanggulangi Sedimentasi Waduk Gajah Mungkurinstagram /Sekretatiat Kabinet

Dengan mengenakan kemeja berwana putih, Jokowi dan Iriana langsung berkunjung ke Desa Jatisari untuk melihat pembibitan tanaman vetiver dan melakukan penanaman vetiver bersama-sama.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meminta masyarakat Wonogiri menyelamatkan kawasan hulu dengan giat menanam. Mengingat di Kabupaten Wonogiri terdapat waduk cukup besar yakni Waduk Gajahmungkur, yang setiap tahun sedimentasi semakin meningkat.

"Tiap tahun, sedimentasi di Waduk Gajahmungkur mencapai 3,2 juta kubik. Kalau tiap tahun solusinya hanya dikeruk, itu tidak akan pernah selesai. Cara mengatasinya ya seperti saat ini, tanam pohon di kawasan hulu," kata Jokowi.

2. Ajak warga Indonesia tanam vetiver

Jokowi Ajak Tanam Vetiver Tanggulangi Sedimentasi Waduk Gajah MungkurDok. Humas Pemprov Jateng

Tak hanya di Wonogiri, Jokowi juga mengajak gerakan menanam pohon dilakukan di seluruh Indonesia. Semua jenis pohon boleh ditanam, namun dirinya mengusulkan agar di lokasi rawan longsor ditanami tumbuhan akar wanti atau vetiver.

"Ini yang paling penting ditanam di kawasan hulu, lokasi rawan longsor, tebing curam. Namanya vetiver atau akar wangi. Pohon ini, dalam waktu 3-4 tahun akarnya bisa mencapai 5 meter. Itu bagus untuk mengikat tanah," tegasnya.

Jokowi juga mengatakan jika Gubernur Jawa Barat sudah meminta bantuan pohon vetiver ke pemerintah pusat sebanyak 50 juta pohon. Untuk itu, Jokowi menawarkan kepada Jawa Tengah untuk melakukan hal yang sama.

"Tapi kalau pak Ganjar mau buat sendiri, itu lebih baik," pungkasnya.

3. Mengenal tanaman vetiver

Jokowi Ajak Tanam Vetiver Tanggulangi Sedimentasi Waduk Gajah Mungkurdrylandsfarmingcompany.com

Vetiver (Chrysopogon Zizaionides) merupakan rumput yang ditanam di lereng-lereng keras dan berbatu. Ujung-ujung akar Vetiver dapat masuk menembus dan menjadi seperti jangkar yang sangat kuat menembus tanah.

Cara kerja rumput Vetiver ini seperti besi kolom yang masuk di dalam menembus lapisan tanah, dan pada saat yang sama akan menahan partikel-partikel tanah dengan akar serabutnya.

Tanaman Vetiver sendiri dapat mencegah erosi yang disebabkan oleh angin dan air sehingga Vetiver dijuluki sebagai kolom hidup.

Baca Juga: Mendadak, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo Lebih Cepat dari Jadwal

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya