Comscore Tracker

Pintu Air Demangan Solusi PUPR Atasi Luapan Sungai Bengawan Solo

Sebagai pengendali banjir.

Surakarta, IDN Times - Walikota Solo, Gibran Rakabuming mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basoeki Hadimoeljono meninjau proyek pembangunan Pintu Air Demangan, Solo, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga: Gibran: Solo Siap Tampung Pasien COVID-19 Dari Kudus

1. Tinjau pintu air Demangan

Pintu Air Demangan Solusi PUPR Atasi Luapan Sungai Bengawan SoloMenteri PUPR dan Walikota Solo tinjau pintu air Demangan.Dok/Humas Pemkot Solo

Basuki mangatakan pembangunan pintu air Demangan dilakukan untuk menggantikan pintu air lama yang dibangun sejak zaman Belanda dan rawan longsor. Dengan dibangunnya pintu air Demangan baru, air sungai Sengawan Solo tidak akan meluap ke arah hulu tapi hanya di area hilir saja yang tidak ada rumah dan tidak ada pemukiman.

“Di bagian hilir dari pintu lama kearah sini itu kebanjiran, dan ini kita pindahkan kesini supaya bisa melayani yang dulu banjir ini bisa dilayani dengan pintu ini, sehingga air Bengawan Solo tidak sampai meluap kesana, tidak sampai naik kesana tapi sampai disini saja,” imbuhnya.

2. Sebagai pengendali banjir

Pintu Air Demangan Solusi PUPR Atasi Luapan Sungai Bengawan SoloWarga memancing ikan di sungai Bengawan Solo, Lamongan. IDN Times/Imron

Basoeki menambahkan pembangungan pintu air Demangan ini nantinya digunakan sebagai pengendalian banjir di Sungai Bengawan Solo.

“Kalau nanti air Bengawan Solo ini tinggi, pintu ini ditutup, air yang dari Kali Pepe dipompa, itu untuk pengendalian banjir," ujarnya.

Basoeki meninjau langsung progres pembangunan pintu air Demangan di hilir pertemuan sungai Pepe dengan Sungai Bengawan Solo.

3. Pertahankan pintu air lama

Pintu Air Demangan Solusi PUPR Atasi Luapan Sungai Bengawan SoloMenteri PUPR dan Walikota Solo tinjau pintu air Demangan.Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara itu, Gibran menambahkan Pemerintah Kota Solo akan tetap mempertahankan pintu air Demangan lama.

Pemkot juga akan melengkapi fasilitas publik dari pintu lama ke pintu air Demangan baru.

"Demangan pintu lama tetap kita pertahankan karena itu cagar budaya. Lalu dari Demangan lama ke Demangan baru ada joging track." tambahnya.

"Jadi kalau ada orang tanya Bengawan Solo itu dimana, ya salah satunya di sini," pungkasnya.

Baca Juga: Tertutup, Staf Khusus Temui Gibran di Solo, Sampaikan Arahan Jokowi

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya