Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago Dalang

Kuliah di jurusan hukum, sempat sekolah di Muhammadiyah

Surakarta, IDN Times - Gusti Raden Mas (GRM) Suryo Aryo Mustiko atau Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Purbaya dinobatkan sebagai Putra Mahkota dengan gelar Gusti Pangeran Adipati Anom Sudibyo Raja Putro Nalendra Ing Mataram. Pengukuhan putra dalem Raja Keraton Solo Sampeyandalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwana (PB) XIII Hangabehi itu digelar pada, Minggu (27/2/2022).

1. Acara dibuka dengan Tari Bedhaya Ketawang

Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago DalangTari Bedhaya Ketawan saat Tingalandalem Jumenengan ke 18 di Keraton Solo, Minggu (27/2/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Prosesi Tingalandalem Jumenengan atau peringatan kenaikan tahta ke-18 SISKS PB XIII, dimulai pukul 09.00 WIB dengan Tari Bedhaya Ketawang. Acara dihadiri para abdi dalem, sentono dalem, dan sejumlah tokoh. Seperti Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Reisa Broto Asmoro dan Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Dalam acara tersebut juga dikukuhkan putra dalem Raja Keraton Solo SISKS PB XIII Hangabehi dengan permaisuri Kanjeng Ratu PB XIII.

Baca Juga: Profil 3 Pangeran Kandidat Raja Mangkunegara X Solo, Siapa Naik Tahta?

2. Resmi menjadi penerus Raja Baru Keraton Solo

Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago DalangRaja Solo PB XIII Hangabehi (kanan) beserta putra mahkota GPAA Sudibyo Raja Putro Nalendra Ing Mataram (kiri). (IDN Times/Larasati Rey)

Pengageng Parentah Keraton Solo KGPH Dipokusumo (Gusti Dipo) mengatakan, sebelum pelaksanaan pengukuhan, sejumlah kerabat dan keluarga telah bermusyawarah soal penetapan putra mahkota tersebut.

Dengan pengukuhannya tersebut, KGPH Purbaya secara resmi telah menjadi penerus tahta Raja Keraton Solo berikutnya.

"Dalam tradisi keraton, hal-hal yang perlu disampaikan yaitu regenerasi atau kesinambungan. Salah satu prosesnya biasanya gelar-gelar yang disampaikan para keturunan, termasuk para abdi dalem, tentu saja dalam hal ini adalah bagaimana berkaitan dengan suksesi ke depan," katanya.

3. Putra Raja Solo masih berusia 21 tahun

Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago DalangRaja Solo PB XIII (kanan) beserta Putra Mahkota GPAA Sudibyo Raja Putro Nalendra Ing Mataram (tengah). (IDN Times/Larasati Rey)

KGPH Purbaya merupakan putra tunggal PB XIII Hangabehi dengan permaisuri Kanjeng Ratu PB XIII Hangabehi. Usainya masih 21 tahun dan berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

"Saat ini masih kuliah semester 4," kata Dipo.

Dipo menepis jika pengukuhan putra mahkota dilakukan karena alasan kesehatan PB XIII. Padahal, pengukuhan dilakukan sesuai permintaan dari Sinuhun.

"Jadi ini tidak ada kaitannya dengan kesehatan Sinuhun (PB XIII), dan saat ini Sinuhun dalam kondisi baik, dan kalau diruntut dulu Sinuhun PB X juga dinobatkan sebagai putra mahkota di usia 3 tahun," pungkasnya.

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), GRM Suryo Aryo Mustiko merupakan seorang dalang cilik yang handal. Ia sering pentas di acara festival dalang. Salah satunya saat Temu Dalang Cilik Nusantara III yang digelar di Pendapa Ageng Taman Budaya Jawa Tengah pada tahun 2009 silam. Ia mewakili sekolahnya, SD Muhammadiyah 1 Solo untuk pentas tingkat nasional.

Baca Juga: Pemberian 580 Gelar Keraton Solo, Tarian Kanjeng Ratu Kidul Dimainkan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya