Rute ke Jakarta Lengang, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo Turun

Akan buka rute baru ke wilayah timur.

Boyolali, IDN Times - Jumlah penumpang Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dimana pada bulan September 2020, jumlah penumpang turun hingga 4.000 penumpang.

Baca Juga: KA Bandara Adi Soemarmo Siap Operasi, Harga Tiket Rp10 Ribu-Rp15 Ribu

1. Pengaruh PSBB di Jakarta

Rute ke Jakarta Lengang, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo TurunAppron Bandara Internasional Adi Soemarmo yang terdampak abu vulkanik (IDN Times/ Larasati Rey)

General Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Yani Ajat Hermawan, mengatakan penurunan penumpang selama bulan September hanya berkisar 13 ribu penumpang, hal ini beda jauh dengan tiga bulan sebelumnya. Dimana jumlah penumpang mencapai 17 ribu setiap bulannya.

“Kemarin Juni, Juli, Agustus itu meskipun landai tapi sempat naik. September ini dari rekapitulasi yang hadir sekitar 13 ribu, sehingga terjadi penurunan sekitar 4 ribu,” ungkapnya saat ditemui di kantor Angkasa Pura I, Selasa (6/10/20).

Turunnya jumlah penumpang diperkirakan karena adanya pererapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid 2 yang diterapkan mulai tanggal 14 September di Jakarta. Yani mengatakan rute Jakarta sendiri masih menjadi rute favorit bagi para penumpang dari bandara Adi Soemarmo Solo.

2. Sempat terjadi kenaikan penumpang

Rute ke Jakarta Lengang, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo TurunKondisi Bandara Adi Soemarmo, Solo yang sedang mengalami penurunan penumpang. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Yani mengatakan selama bandara Adi Soemarmo, Solo sempat terjadi kenaikan penumpang. Kenaikan tersebut terjadi sejak diberlakukannya new normal beberapa waktu lalu. Saat ini jumlah penerbangan di bandara Adi Soemarmo sejumlah 7 pernerbangan setiap harinya.

“Kalau penerbangan saya lihat masih normal. Sehari 7 flight berangkat dan 7 flight datang,” jelasnya.

Adapun maskapai yang beroperasi saat ini adalah Garuda Indonesia relasi Cengkareng-Solo-Cengkareng, Citilink rute Halim Perdanakusuma-Solo-Halim Perdanakusuma, Batik Air rute Cengkareng-Solo-Cengkareng dan Nam Air relasi Pontianak-Solo-Pontianak.

3. Akan buka rute baru ke Ujung Pandang dan Denpasar

Rute ke Jakarta Lengang, Penumpang di Bandara Adi Soemarmo TurunJadwal penerbangan di Bandara Adi Soemarmo, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Untuk meramaikan kembali bandara Adi Soemarmo. Solo, Yani mengatakan akan ada penambahan rute penerbangan baru. Kedua rute tersebut yakni, Solo - Ujungpandang yang akan dilayani oleh Sriwijaya Air dan rute Solo Denpasar yang akan dilayani oleh Garuda Indonesia.

Kedua maskapai tersebut saat ini masih dalam tahap koordinasi untuk menentukan jadwal penerbangan yang sesuai.

“Ini masih dalam tahap koordinasi,” pungkasnya.

Baca Juga: PSBB Jakarta Operasional Bus di Solo Anjlok Hingga 70 Persen

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya